Selasa, 28 Maret 2017 20:26 WIB

Antisipasi Penyelundupan Narkoba, Polisi Libatkan Warga Pesisir

Editor : Danang Fajar
Paket Isi Narkoba (ist)

SUKABUMI, Tigapilarnews.com - Polres Sukabumi, Jawa Barat, melibatkan warga yang tinggal di daerah pesisir pantai untuk ikut mengantisipasi dan mengawasi percobaan penyelundupan narkoba melalui jalur laut.

"Garis pantai Kabupaten Sukabumi sepanjang 117 km rawan dijadikan tempat penyelundupan narkoba dari laut. Apalagi BNN pernah menggagalkan beberapa kali percobaan penyelundupan sabu-sabu jaringan internasional," kata Kapolres Sukabumi AKBP M Ngajib di Sukabumi, Selasa (28/3/2017).

Maka dari itu, pihaknya tidak bisa bekerja sendiri untuk mengantisipasi masuknya barang haram tersebut melalui wilayah hukumnya. Keberadaan warga pesisir sangat dibutuhkan untuk ikut mengawasi barang yang masuk dari laut.

Jika melihat atau mencurigai adanya orang asing di daerahnya warga pun diimbau segera lapor kepada polisi atau petugas keamanan terdekat untuk diselidiki dan ditanggulangi.

"Wilayah hukum kami yang strategis karena memiliki laut yang langsung menghadap Samudera Hindia dan dekat dengan kota besar seperti Jakarta dan Bandung sehingga bisa saja dimanfaatkan oleh sindikat penyelundup dan pengedar narkoba," tambahnya.

Namun demikian, Ngajib mengatakan Kabupaten Sukabumi hanya jalur perlintasan saja tetapi pihaknya tetap meningkatkan antisipasi berbagai macam cara pengedar narkoba untuk mengedarkan barang haramnya tersebut.

Apalagi dari hasil pengungkapan narkoba sudah mulai masuk ke daerah-daerah pelosok dan ini perlu diwaspadai. Selain melibatkan warga pesisir Polres Sukabumi juga berkoordinasi dengan anggota TNI dan pemerintah daerah setempat.

"Barang bukti narkoba yang berhasil kami sita dari tangan pengedar mayoritas sabu-sabu dan ganja, tapi ada juga jenis narkoba lainnya," katanya.

sumber: antara


0 Komentar