Senin, 27 Juni 2016 16:06 WIB

Polda Kembali Tangkap 3 Anggota Jakmania

Editor : Danang Fajar
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tujuh pelaku pengeroyokan Brigadir Hanafi, sebelumnya sudah berhasil diringkus Polda Metro Jaya. Saat ini ketujuh pelaku yang berinisial J, MR, R, I, S, A dan AF, sudah ditetapkan menjadi tersangka.

Kabid Humas Polda Meto Jaya, Kombes Awi Setiyono mengatakan, penyidik melakukan pengembangan terhadap salah satu tersangka J alias Oboy. Dari hasil pengembangan itu, polisi kembali menangkap tiga Jak Mania, yaitu AJ, K, dan I pada Minggu, 26 Juni 2016 kemarin.

"Untuk saudara J alias Oboy, sudah ditetapkan sebagai tersangka. kemudian, dari pengembangan J itu juga berhasil melakukan penangkapan terhadap tiga orang lainnya, yaitu AJ, K, dan I," ucapnya di Mapolda Metro Jaya, Senin (27/6/2016) siang.

Ketiga suporter Jak Mania tersebut, kata Awi, saat ini sedang diperiksa secara insentif terkait peran ketiga pelaku pada laga Persija melawan Sriwijaya FC, khususnya saat terjadi kericuhan.

"Kita bisa lihat bersama-sama fotonya saat Jak Mania mengejar anggota polisi," ujar Awi.

Terkait pelaku penyebaran ujaran kebencian (hate speech), kata Awi, Krimsus sebelumnya telah melakukan penyelidikan terhadap enam Jakmania, yang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

"Dari ke enam tersangka ini rata-rata berumur 16 sampai 20 tahun," papar Awi.

Sementara, lanjut Awi, salah seorang dari tujuh Jakmania tersebut ternyata masih dibawah umur yaitu AF (16 tahun), sehingga tidak dilakukan penahanan. Namun, kata dia, AF tetap dikenakan hukuman wajib lapor.

"Jadi, total keseluruhan untuk tersangka tujuh, kemudian tiga masih pemeriksaan intensif. Kita masih menunggu satu kali 24 jam," pungkas Awi.

Sebelumnya diketahui, Pertandingan sepak bola antara Persija vs Sriwijaya FC ricuh. Kericuhan ini dipicu oleh salah satu klub sepakbola The Jakmania masuk ke dalam lapangan. Pertandingan pun sempat diberhentikan sementara dan dilanjutkan kembali. Sriwijaya FC menang dalam pertandingan sepakbola tersebut dengan score 1-0. Imbasnya, usai laga pertandingan tersebut, kedua suporter bentrok di depan Gelora Bung Karno (GBK).

Akibat bentrokan ini, enam anggota kepolisian mengalami luka-luka, satu diantaranya mengalami luka cukup parah dan kritis di Rumah Sakit Polri Keramat Jati. Selain itu, tindakan brutal para suporter Persija tidak hanya disitu saja, mereka kian geram dan membakar lima sepeda motor polisi.

Hingga saat ini sebanyak 14 suporter Persija masih menjalani pemeriksaan intensif di Polres Jakarta Pusat. Selain itu, Polda Metro Jaya juga meringkus 6 orang Jak Mania yang diduga terlibat dalam kericuhan di GBK.
0 Komentar