Selasa, 15 Maret 2016 14:55 WIB

Pencuri Kabel Masuk ke Gorong-Gorong dari Berbagai Jalur

Editor : Hermawan

 Laporan: Arif Muhammad Riyan


JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ditreskrimsus Polda Metro Jaya saat ini sedang melakukan olah rekonstruksi pencurian isi kabel di gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dari proses rekonstruksi yang sedang berlangsung, para pelaku masuk ke dalam gorong-gorong melalui beberapa jalur, yakni dari Jalan Abdul Muis, lalu melalui belakang Pos Polisi Patung Merak, kemudian di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat.

Para sindikat pencuri kabel ini menjalani aksinya pada malam hari. Sebelum menjalankan aksinya, keenam pelaku ini sudah menyiapkan sejumlah perlengkapan seperti senter, tali, sampai makanan untuk persedian di dalam gorong-gorong. Pasalnya, pelaku dapat bertahan di dalam gorong-gorong tersebut selama 1x24 jam.

"Semua alat seperti pacul, linggis dan gunting sudah mereka siapkan di dalam untuk melakukan aksinya mencuri kabel" ujar Kasubdit Sumber Daya Lingkungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Adi Vivid, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (15/3/2016) siang.



Keenam pelaku menjalani aksinya pada malam hari lantaran pada waktu tersebut di sepanjang Jalan Merdeka Selatan terlihat sepi dan tidak ada yang mengawasi.

"Mereka kemudian keluar kembali pada pagi berikutnya. Jadi mereka menginap di dalam gorong-gorong tersebut," jelas AKBP Adi.

Lebih lanjut, AKBP Adi menjelaskan dari ketiga lokasi yang menjadi target pencurian isi kabel tersebut, pelaku lebih banyak mencuri isi kabel yang terletak di Jalan Merdeka Selatan. Di lokasi itulah jumlah kabel di Jalan Merdeka Selatan lebih banyak daripada di lokasi lain.

"Mereka melihat pembongkaran kabel PLN yang sangat banyak di sini (Jalan Medan Merdeka Selatan), sehingga pelaku tertarik mencuri di sini,'' tutup Adi.

Sebelumnya diketahui, Gorong-gorong di sepanjang Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dipenuhi sampah kulit kabel yang dicurigai adanya indikasi pencurian dari isi kabel tersebut.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kelompok pencuri isi kabel yang berada di gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Kelompok pelaku berhasil diringkus di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat.


0 Komentar