Rabu, 30 Agustus 2023 15:39 WIB

El Diablo Pesimis Bangkit dalam Waktu Dekat

Editor : Yusuf Ibrahim
Fabio Quartararo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilanews.com - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, menyatakan keraguan terhadap kemampuan timnya untuk bangkit dalam waktu dekat dalam gelaran MotoGP 2023.

Quartararo tidak sependapat dengan pernyataan salah satu manajer Yamaha yang mengklaim bahwa Grand Prix Jepang 2023 akan menjadi titik balik untuk Yamaha. Julukan "El Diablo" yang melekat pada Quartararo, hingga saat ini belum mampu bersaing di posisi papan atas selama musim MotoGP 2023 berlangsung.

Dari 10 seri yang telah digelar, dia hanya berhasil naik podium satu kali dalam balapan utama, yaitu pada Grand Prix Amerika Serikat 2023. Franco Morbidelli, rekannya di tim, juga belum berhasil naik podium sama sekali tahun ini.

Bahkan, masuk ke dalam 10 besar pun menjadi hal yang sangat sulit bagi Morbidelli. Akibatnya, Quartararo dan Morbidelli berada di posisi 11 dan 12 dalam klasemen sementara dengan masing-masing mengumpulkan 73 dan 65 poin.

Walaupun demikian, Manajer Proyek MotoGP Yamaha, Kazutoshi Seki, mengatakan bahwa partisipasi test rider mereka, Cal Crutchlow, sebagai wildcard di MotoGP Jepang 2023 pada 1 Oktober mendatang akan membawa perkembangan bagi tim.

Menurut Seki, momen tersebut akan menjadi titik balik yang signifikan untuk meningkatkan performa motor M1 2023. Namun, Quartararo memiliki pandangan yang berbeda dengan Seki. Baginya, kehadiran Crutchlow dengan motor barunya tidak akan menjadi titik balik untuk tim pabrikan Yamaha di musim ini.

Quartararo mengindikasikan bahwa mungkin ada kejutan yang akan dibuat oleh Yamaha, meskipun dia tidak mendapatkan informasi terinci. "Saya tidak percaya bahwa (kehadiran Crutchlow) akan menjadi titik balik," ujar Quartararo seperti yang dilansir dari Speedweek pada Selasa (29/8/2023).

"Tetapi mungkin mereka tidak memberi tahu saya segalanya, dan dia akan menggunakan motor yang sangat berbeda. Mungkin akan ada kejutan," tambahnya.

"Intinya, banyak pabrikan yang membawa wildcard, dan Anda tidak pernah mendengar bahwa hal ini merubah semuanya," sambung Quartararo.

Meskipun demikian, bintang asal Prancis ini tetap mengapresiasi kehadiran Crutchlow. Quartararo menganggapnya positif karena selama ini Yamaha hanya mengandalkan data dari Quartararo dan Morbidelli saja, karena mereka tidak memiliki tim satelit. "Pasti menyenangkan memiliki motor tambahan di lintasan. Karena kami hanya memiliki dua motor, kami tidak punya tim satelit," jelas juara MotoGP 2021 ini.

"Saya rasa Cal akan menguji motor barunya, tetapi menurut saya, ini tidak akan membawa perubahan besar. Saya harap begitu, tetapi saya rasa tidak," tutupnya.(des)


0 Komentar