Minggu, 21 Mei 2017 15:23 WIB

Korut Publikasikan Rekaman Rencana Mata-mata AS Habisi Kim Jong-un

Editor : Yusuf Ibrahim
Kim Jong-un. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Korea Utara (Korut) membuka sebuah rekaman yang diklaim sebagai rencana agen mata-mata Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan yang ditugaskan untuk membunuh pemimpin Pyongyang, Kim Jong-un.

Agen mata-mata itu berencana menghabisi Kim dengan racun biokimia. Rekaman yang menampilkan agen mata-mata itu diputar di stasiun televisi Korut, Uriminjokkiri TV, Sabtu (20/05/2017).

Rekaman berisi kesaksian agen mata-mata bernama Kim Song-ij, yang wajahnya dikaburkan.

Agen mata-mata itu mengaku tertipu dan terpikat untuk menjalankan rencana pembunuhan terhadap Kim Jong-un dengan imbalan uang.

Korut pada 5 Mei 2017 lalu mengklaim bahwa kelompok teroris yang didukung oleh Badan Intelijen Pusat (CIA) AS dan Badan Intelijen (NIS) Korea Selatan menyusup ke Pyongyang untuk melakukan serangan biokimia terhadap Kim Jong-un.

Agen mata-mata itu sebelumnya bekerja sebagai tukang kayu. Dia disuap untuk berkonspirasi dengan CIA, ketika bekerja di Rusia pada bulan Juni 2014.

Dalam cuplikan rekaman tersebut, agen mata-mata itu mengaku mendiskusikan metode untuk menyerang pemimpin Korut dengan pejabat NIS, termasuk menyusupkan zat biokimia beracun pada kipas pemanas dan pendingin yang menargetkan pemimpin Pyongyang.

Pekan lalu, jaksa Korea Utara mengumumkan daftar empat tersangka yang diklaim terlibat dalam usaha teror tersebut, termasuk Lee Byong-ho, kepala mata-mata Korea Selatan.

Dalam pengumuman di televisi itu, disebutkan bahwa dakwaan terhadap para tersangka berdasarkan hukum pidana Korea Utara.

Pyongyang lantas menyerukan ekstradisi segera para tersangka oleh pemerintah Seoul dan Washington.

Klaim Korea Utara belum bisa diverifikasi secara independen. Sedangkan badan mata-mata Korea Selatan, seperti dilansir Yonhap, menolak tuduhan itu.(exe/ist)


0 Komentar