Selasa, 02 Mei 2017 18:24 WIB

Peringati Hardiknas, Pesta Pendidikan Diadakan di Kalijodo

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
Pesta Pendidikan di Kalijodo. (Foto: Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terbadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara, menggelar acara pesta pendidikan, Selasa (2/5/2017). 

Acara Pesta Pendidikan tersebut juga turut di meriahkan artis Ibukota, yakni Tulus, Soleh Solihun, Christian Sugiono, Indra Bekti, Endah n Rhesa, Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Indi Barenz, dan Glenn Fredly. 

Najeela Shihab selaku penggagas gerakan pendidikan mengatakan, tujuannya acara ini untuk merayakan semua karya nyata dan semua inovasi dan solusi yang selama ini sudah dilakukan oleh komunitas dan organisasi pendidikan. Acara pesta pendidikan ini juga di hadiri 250 komunitas dan organisasi pendidikan. Yang setiap hari melakukan sesuatu untuk meningkatkan akses dan kesetaraan di pendidikan Indonesia.

"Jadi kita punya banyak alasan untuk berpesta tentunya. Pendidikan di pesta pendidikan adalah pendidikan dalam arti yang sangat luas. Karena kami disini percaya bahwa kita semua murid, semua guru," ucap Najeela di lokasi acara Pesta Pendidikan.

Ia menerangan di acara dan kegiatan yang terjadi di jaringan Pesta Pendidikan, banyak isu yang dibahas. Misalnya ia memaparkan, pendidikan seni, pendidikan tentang keragaman, pendidikan dalam kaitannya dengan literasi dan dunia digital. Kemudian juga bicara pendidikan guru, murid, dan juga pendidikan keluarga. 

"Jadi memang isu pendidikan ini disadari atau tidak, adalah sesuatu yang sangat berkaitan dengan kehidupan kita semua. Walaupun tidak setiap hari ada di dalam kelas. Yang ketiga dalam pesta pendidikan adalah semangat barengannya," ungkap Najeela.

Najeela menjelaskan, prinsip sebenarnya, pada saat melakukan sesuatu yang barengan atau bersama itu sebetulnya bisa saling belajar satu sama lain. Dan bisa saling berkolaborasi. 

"Itu sudah banyak sekali aksi-aksi publik yang sebetulnya muncul inisuatif-inisiatif, yang semula dilakukan sendirian, kemudian dilakukan barengan," pungkasnya.


0 Komentar