Rabu, 05 April 2017 13:42 WIB

Persija vs Timnas, Polisi Terapkan Tujuh Lapis Pengamanan

Reporter : Rachmat Kurnia Editor : Sandi T
Apel persiapan pengamanan jalannya pertandingan Persija kontra Timnas U-22 di Stadion Patriot Kota Bekasi. (foto: Ahmed)

BEKASI, Tigapilarnews.com - Polrestro Bekasi Kota menerapkan menerapkan tujuh lapis pengamanan selama berlangsungnya pertandingan sepakbola Persija melawan Tim Nasional Indonesia U-22 di Stadion Patriot, Rabu (5/4/2017) malam. 

"Pembagian lapisan pengamanan ini berdasarkan hasil pemetaan kerawanan yang melibatkan suporter maupun pemain," kata Kapolsek Bekasi Selatan, Kompol Bayu Pratama di Bekasi.

Ketujuh lapis pengamanan itu yakni, lintasan lari di sisi lapangan bola yang akan dijaga oleh 100 perseonel, sekat antartribun yang akan dijaga 200 personel, tribun suporter dikawal oleh 233 personel, tribun atas atau belakang suporter sebanyak 110 personel.

"Kita juga mempertebal pengamanan di area pintu masuk tribun sebanyak 216 personel, pintu masuk utama 64 personel serta pintu masuk menuju stadion 40 personel," katanya.

Hal itu dikatakan Bayu usai menghadiri apel persiapan pengamanan jalannya pertandingan Persija kontra Timnas U-22 di Stadion Patriot Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Rabu siang.

Bayu menambahkan, petugas di masing-masing ring pengamanan akan melakukan pemeriksaan kepada penonton agar tidak membawa senjata tajam, korek api, petasan dan minuman botol.

"Petugas juga akan melarang penonton membawa koran atau bambu karena disinyalir bisa digunakan menjadi senjata untuk melukai orang saat terjadi konflik," katanya.

Bayu juga menginstruksikan petugas yang berjaga di sejumlah akses jalan menuju stadion untuk mengadakan razia kendaraan guna mengantisipasi barang terlarang.

"Titik pemberangkatan suporter juga akan kita razia untuk antisipasi penyelundupan barang berbahaya," katanya

Terpisah, Kasubbag Humas Polrestro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing mengatakan, pihaknya akan menurunkan 2.131 personel keamanan.

"Sebanyakl 2.131 personel gabungan Polda Metro Jaya, kami kerahkan untuk melakukan pengamanan pertandingan Persija vs Timnas U-22," ucapnya. 

Personel yang diturunkan berasal dari Sabhara Polda Metro Jaya sebanyak 6 kompi, Brimobda Metro Jaya sebanyak 4 kompi dan personil TNI ikut dilibatkan dalam ajang persahabatan menjelang Liga I PSSI dalam waktu dekat ini.

Sementara itu terkait lalu lintas di sekitar Stadion, Sabhara dan Dishub akan melakukan penjagaan di sekitar objek titik rawan, seperti depan pintu keluar-masuk Tol Bekasi Barat dan melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Ahmad Yani.

Pertandingan antara Persija dengan Timnas U22 akan berlangsung pada pukul 19.00 WIB. Hingga siang ini, kondisi Stadion Patriot sudah dalam kondisi steril.


0 Komentar