Jumat, 10 Maret 2017 15:24 WIB

Pembahasan Raperda Pantura, Sekda DKI Tampung Aspirasi Warga

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. (Foto: dok/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah, gelar rapat Konsultasi Publik untuk Penjaminan Kualitas Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), terkait Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (Pantura) Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Saefullah menampung masukan dari unsur masyarakat, pemerhati, LSM dan akademisi, yang nantinya akan dimasukkan kedalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

"Tadi yang berucap ada 11, tapi yang ditulis belum kita lihat. Tadi kita juga kasih kesempatan untuk mereka melakukan masukan secara tertulis. Tapi kasih saran saja ke mereka, bisa tertulis. Sambil menunggu nanti kesempatan lain," ujar Saefullah di Balaikota DKI, Jumat (10/3/2017).

Ia menjelaskan, pasal-pasal di dalam Raperda tentang Pantura sudah diakomodir terlebih dahulu, termasuk pertemuan, rumah susun, mata pencaharian, sudah disusun dan akan dijelaskan kepada masing-masing perwakilan.

"Kalau yang mereka miliki tidak punya sewa, masukkin saja disitu, nanti di tampung. Karena kita, akan membangun banyak sekali rumah susun di situ. Dari 5% yang harus diserahkan pemda, bisa di jadikan itu. Dan kita juga lagi merancang di Marunda," ungkapnya.

Nantinya, akan ada kawasan rumah susun seluas 400 hektar, yang dimana kewajiban-kewajiban dari pengembang akan dihimpun oleh Bank. 

Menurutnya, jika ingin Jakarta berubah menjadi lebih maju, keberadaan rumah susun harus dikedepankan terlebih dahulu. Tanpa adanya rumah susun, perubahan Jakarta untuk menjadi lebih baik akan susah.

"Kalau kumpul di rumah susun, ya mereka bekerja pulang dengan transportasi yang kita atur sistemnya. Kesehatan mereka ada disitu, pendidikan mereka ada disitu, pasar mereka ada disitu. Nanti juga bisa menekan kemacetan Jakarta. Mungkin bisa menekan presentase kemacetan di Jakarta," pungkasnya.


0 Komentar