Kamis, 27 Oktober 2016 22:50 WIB

Alat Uji KIR DKI Digaransi Anti-Kebohongan

Editor : Eggi Paksha
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com- Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana, didampingi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ardiyansyah, beserta jajarannya meresmikan alat uji KIR Drive Thru berteknologi mukhtahir, di Unit Pengelolahan Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB), Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (27/10/2016).

Rencana semula, yang akan melakukan peresmian yakni Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Sayangnya, Ahok- sapaan Basuki Tjahaja- tidak dapat hadir akibat masih banyaknya pekerjaan. terlebih, besok adalah hari terakhir Ahok untuk bekerja karena harus cuti untuk menghadapi Pilgub DKI Jakarta 2017.

Dirjen Kementrian Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar, mengatakan jika peresmian alat uji KIR Drive Thru berteknologi canggih. Dengan demikian, mempermudah kendaraan untuk melakukan pengujian secara akurat, murah serta akuntabel.

"Saya lihat secara seksama bahwa pertama pengemudi tidak turun setelah download aplikasi online lalu daftar dan bayar ke bank yang ada di situ. Setelah bayar, lanjut pemeriksaan awal, lampu wiper, klakson, lalu jalan lagi. Semua sudah menggunakan IT, yang artinya tidak bisa dibohongi," ujarnya usai peresmian di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (27/10/2016).

Selain itu, para pengemudi juga bisa secara langsung mengetahui permasalahan yang terjadi. Sebab, mengeluarkan data secara terperinci.

"Hasilnya langsung online. Data kendaraan serta nomor polisi pemilik itu ada, lanjut sampai selesai tanpa ada petugas tentang hasilnya bagaimana dan seperti apa, hasilnya sudah ada dengan IT tadi," tambahnya.

Sementara itu, Andriyansyah mengungkapkan, selanjutnya akan melakukan pembenahan terhadap beberapa tempat uji KIR yang tersebar di DKI Jakarta."Namun itu semua akan terlaksana dengan melewati beberapa proses. Selanjutnya dari sini ke Ujung Menteng, dan Cilincing, dan Muara Angke," tuturnya.

Terkait anggaran yang akan digunakan untuk membangun fasilitas tersebut di beberapa tempat di wilayah DKI Jakarta, pihaknya menyatakan masih mempersiapkan dananya secara terperinci dan harus jauh dari Pungli.

"Untuk ujung Menteng dan Cilincing sudah hampir sama dengan Pulo Gadung terkait alat uji kir dengan IT yang luar biasa, tinggal drive thru outnya yang disiapkan serta dana," pungkasnya.(exe)
0 Komentar