Sabtu, 23 April 2016 11:32 WIB

Napi Tewas Picu Kerusuhan di Lapas Banceuy

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Para narapidana yang mengamuk di Lapas Banceuy, Bandung, Jawa Barat, lantaran mereka mengetahui temannya tewas di dalam sel. Mereka menduga kematian temannya itu bukan lantaran gantung diri tetapi disiksa para sipir. Sehingga mereka marah meletuslah kerusuhan.

"Saya baru dapat informasi awal. Jadi ada napi yang ditengarai petugas melakukan transaksi narkotika, diamankan. Satu orang napi ini dipisahkan selnya. Namun, pagi tadi napi tersebut ditemukan tewas gantung diri," jelas Menkumham Yasonna Laoly, Sabtu (23/4/2016), seperti dikutip detik.com.

Laoly mengatakan napi lainnya diduga mengira kematian tersebut bukan murni gantung diri.

"Kenapa dia gantung diri dalam sel, dia meninggal dalam sel. Tadi pagi yang teman-temannya protes karena menyangka ada yang tidak benar dengan kematian si napi," ujar Laoly.

Kerusuhan pun terjadi. Para napi membakar bangunan di area lapas. Petugas yang jumlahnya minim kewalahan menangani keributan para napi.

"Pengamanan kami sangat sedikit. Kami kekurangan orang mengawasi orang yang begitu banyak," pungkas Laoly.

Sementara itu, Kasubag Humas Polrestabes Bandung Kompol Reny Marthaliana mengatakan pada dini hari tadi ada informasi bahwa ada napi yang tewas gantung diri. Namun, belum diketahui ada tidaknya hubungannya kejadian tersebut dengan kerusuhan.

"Katanya dini hari tadi ada yang gantung diri di Lapas Banceuy," ujar Kompol Reny. (ist)
0 Komentar