Selasa, 15 Maret 2016 16:27 WIB

Pencuri Kabel di Gorong-Gorong Nyamar Jadi Pemulung

Editor : Hermawan
Laporan: Arif Muhammad Riyan


JAKARTA, Tigapilarnews.com -  Rekonstruksi pencurian isi kabel yang dilakukan di dalam gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, para pelaku menyamar sebagai pemulung yang membawa gerobak dan karung untuk mengangkut isi kabel berupa tembaga dan timah.


"Mereka menyamar sebagai pemulung. Mereka membawa gerobak, menjadi pemulung. Di Jalan Abdul Muis bawa karung," jelas Kasubdit Sumber Daya Lingkungan, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Adi Vivid, saat meninjau lokasi rekonstruksi, Selasa (15/3/2016) siang.

AKBP Adi, mengatakan para pelaku mengetahui jika di dalam gorong-gorong terdapat kabel. Mereka sering  melihat pekerja memasang kabel di gorong-gorong. "Saat mereka mengecek ternyata benar di dalam gorong-gorong terdapat kabel-kabel yang sudah tidak terpakai," ujar AKBP Adi.


Lebih lanjut, AKBP Adi menjelaskan, aksi pencurian isi kabel tersebut dilakukan pada malam hari sehingga tidak ada orang yang melihat saat pelaku menjalankan aksinya. Pelaku dapat bertahan di dalam gorong-gorong selama 1x24 jam. Artinya, pelaku masuk pada malam hari dan keluar pada keesokan malam harinya.


"Tersangka dalam kasus ini ada 6 orang. Mereka mencuri kabel yang sudah tidak berfungsi yang tertanam di gorong-gorong. Mereka menguliti kabel, mengambil tembaganya dan meninggalkan bungkusnya di dalam gorong-gorong. Sampah bungkus kabel yang menggunung inilah yang kemudian memicu genangan di kawasan Ring 1," pungkas AKBP Adi.

Para tersangka dikenakan pasal pencurian dengan pemberatan dengan maksimal kurungan 7 tahun penjara. Polisi saat ini tengah mengejar para penadah di dua lokasi yang berada di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sebelumnya diketahui, gorong-gorong di sepanjang Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dipenuhi sampah kulit kabel yang dicurigai adanya indikasi pencurian dari isi kabel tersebut.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kelompok pencuri isi kabel yang berada di gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Kelompok pelaku berhasil diringkus di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat.

0 Komentar