Senin, 15 Agustus 2022 13:17 WIB

Emil Dardak Yakin Kalimas Surabaya Dapat Memukau Layaknya Sungai Thames dan Sumida

Editor : Yusuf Ibrahim
Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak menyebut, Kalimas Surabaya dapat dikenal dan memukau warga mancanegara layaknya sungai Thames di Inggris, Sumida di Jepang, serta Seine di Prancis.

Keberadaan Kalimas memperkuat julukan Surabaya sebagai Navy City. "Beragam sungai menjadi ciri khas kota-kota di dunia. Seperti sungai Thames, Sumida dan Seine. Kalimas di Surabaya saya harapkan dapat menyusul menjadi trademark dari Kota Pahlawan, mengingat bahwa kali ini merupakan anak dari Sungai Brantas yang mengaliri Jawa Timur," kata Emil, Senin (15/8/2022).

Dia menilai, cukup masuk akal jika menjadikan Kalimas sebagai salah satu ikon dari Surabaya dan Jatim. Orang nomor dua di Jatim it menegaskan bahwa hal ini sebab Kalimas memiliki andil besar dalam kehidupan masyarakat Surabaya.

"Kalimas, yang merupakan anak sungai Brantas, memiliki fungsi yang sangat krusial bagi kehidupan masyarakat Jawa Timur, dan Surabaya pada khususnya," ungkapnya.

Emil menekankan, bahwa sumber air adalah sumber penghidupan bagi 40% lebih penduduk di Jatim. Bahkan PDAM di sepanjang aliran Brantas menggantungkan air bakunya dari sana. Ia melanjutkan, ini juga tercermin di Kalimas, yang mengaliri Surabaya dan menjadi sumber penghidupan bagi masyarakatnya.

Di sepanjang Kalimas, masih banyak masyarakat yang secara langsung menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari. "Maka, kebersihannya harus terjaga agar kelestarian lingkungan dan kualitas hidup masyarakat bisa tercapai. Apalagi Kalimas sendiri sekarang sudah menjadi salah satu wahana wisata air di Surabaya. Kalimas menjadi wisata air ini menambah semangat masyarakat untuk turut memperhatikan lingkungan," tandas Emil.

Sebelumnya, pada Sabtu (13/8/2022) lalu, Emil bersama Pangkoarmada II T.N.S.B. Hutabarat menyusuri Kalimas dengan rute Dermaga Laksamana di Jalan Yos Sudarso hingga daerah Perak. Kegiatan ini merupakan rangkaian Bersih Lingkungan Kali Bersih (Berlian Kasih) bersama Pangkoarmada II di Dermaga Laksamana, Jalan Yos Sudarso.(mir)


0 Komentar