Jumat, 24 September 2021 10:51 WIB

Jaga Jantung Anda Tetap Sehat dengan Olahraga Berikut

Editor : Yusuf Ibrahim
Berenang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Berolahraga secara rutin memberi manfaat bagi kesehatan tubuh.

Olahraga tidak selalu identik dengan latihan yang berat, melainkan dapat pula dilakukan dengan cara yang sederhana namun rutin. Salah satu manfaat berolahraga adalah menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan bagian tubuh yang sangat penting, yang berperan sebagai pengalir darah yang kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Nah, untuk menjaga jantung Anda tetap sehat, lakukanlah olahraga. Berikut jenis olahraga yang bisa Anda terapkan, seperti dikutip dari Halodoc, Kamis (23/9/2021).


1. Olahraga Resistensi

Olahraga ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus ketahanan tubuh. Pada dasarnya jenis olahraga ini lebih memfokuskan kekuatan otot. Otot sengaja ditekan untuk membakar lemak yang terdapat di dalam tubuh.

Olahraga resistensi sebenarnya olahraga yang sering kita lihat atau pernah menerapkannya seperti push-up, sit-up, squat-jump, dan chin-up. Jenis olahraga ini membutuhkan kekonsistenan dari dalam diri Anda agar menghasilkan kekuatan pada otot dan kesehatan pada jantung.

2. Olahraga Peregangan

Olahraga ini memiliki manfaat pada tubuh, khususnya menghindari cedera ketika melakukan olahraga lain. Untuk melakukan olahraga ini, sebaiknya dilakukan ketika ingin memulai atau telah selesai melakukan olahraga lain seperti halnya melakukan pemanasan.

Olahraga peregangan dapat memulihkan otot-otot yang tegang agar selalu menyesuaikan dengan gerakan tubuh. Dengan begitu, otot akan dapat membentuk sebuah pola yang lebih baik sebelum Anda melakukan aktivitas olahraga lain.

3. Aerobik

Aerobik termasuk salah satu olahraga yang sangat berkontribusi pada kesehatan jantung. Pasalnya, olahraga ini mampu meningkatkan kebugaran pada tubuh sehingga menghasilkan proses pacu jantung yang sangat baik. Olahraga ini termasuk olahraga sederhana, sebab dapat dilakukan sendiri. Contohnya jalan cepat, lari, bersepeda, dan berenang.


0 Komentar