Rabu, 12 Januari 2022 10:43 WIB

Kolesterol Bisa Diturunkan dengan Ramuan Alami Ini

Editor : Yusuf Ibrahim
Biji rami. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Ramuan penurun kolesterol tinggi aman dan mudah dicari. Kolesterol juga bisa diturunkan dengan ramuan alami yang jenisnya sangat beragam dan telah diteliti.

Lima ramuan berikut ini contohnya. Di mana penelitian menunjukkan ramuan ini menghasilkan cukup bukti dapat mengurangi kolesterol secara klinis. Namun, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli kesehatan sebelum mencoba perawatan alternatif. Pasalnya, beberapa ramuan memiliki kandungan yang dapat mengganggu pengobatan tertentu dan menimbulkan efek samping.

Berikut ramuan penurun kolesterol tinggi seperti dilansir dari Health Line, Selasa (11/1/2022).

1. Biji Rami

Biji rami berasal dari tanaman rami. Baik biji rami dan minyak biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi yang merupakan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian tentang manfaat biji rami untuk kesehatan jantung telah menghasilkan hasil yang beragam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama di antara orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi dan wanita pascamenopause.

2. Minyak Ikan dengan Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 dapat ditemukan dalam ikan dan minyak ikan. Seperti halnya salmon, tuna, trout danau, herring, sarden, dan ikan berlemak lainnya. Para ahli percaya bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kombinasi nutrisi tersebut dan asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi jantung. Baca Juga: Minuman Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh Lunturkan LDL hingga 7%

 

3. Beras Ragi Merah

Beras ragi merah adalah obat tradisional Tiongkok sekaligus sebagai bahan masakan. Sesuai dengan namanya, beras ragi merah dibuat dengan membudidayakan beras merah dengan ragi. Beras ragi merah mengandung monacolin. Zat ini secara kimiawi identik dengan bahan aktif dalam obat penurun kolesterol lovastatin. Beras ragi merah yang mengandung zat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

4. Bawang Putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, serta memperlambat perkembangan aterosklerosis. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

5. Suplemen Tanaman Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol adalah zat yang ditemukan di banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tanaman lainnya. Beberapa makanan olahan juga diperkaya dengan sterol atau stanol, seperti margarin, jus jeruk, atau yogurt. Sterol dan stanol tanaman dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Zat ini membantu mencegah usus kecil menyerap kolesterol. Kabar baiknya, zat ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah.(dar)
 


0 Komentar