Selasa, 28 Juli 2020 20:43 WIB

Beberapa Industri Ini Diprediksi Terancam Tutup dalam Waktu Dekat

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi penumpang di banadara. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Mantan Menteri Keuangan, Chatib Basri menyebut, beberapa industri seperti penerbangan, perhotelan, dan restoran tidak akan mampu bertahan di tengah pandemi virus corona.

Kondisi itu terjadi apabila tingkat pergerakan penumpang atau pengunjungnya belum mencapai batas minimal tertentu. Menurutnya, beberapa industri tersebut, dalam waktu dekat, apabila belum bisa bangkit terancam tutup.

"Ketika rugi enam bulan, dari sekarang hotel, maskapai, dan restoran bisa tutup. Sebab lebih murah untuk tutup ketimbang mereka buka,” ujar dia dalam telekonfrensi, Selasa, (28/7/2020). 

Dia juga menjelaskan, penerbangan akan mampu bertahan bila pergerakan penumpangnya mencapai 60% dari angka normal. Sementara hotel dapat hidup seandainya okupansi tamu tidak kurang dari 50%. "Dan restoran diperkirakan bakal dapat terus beroperasi jika pengunjungnya mencapai 40%," ungkap dia.


Maka itu, lanjut dia, volume penumpang maskapai atau pengunjung hotel dan restoran tidak akan bisa meningkat bila negara belum juga kelar menyelesaikan masalah pandemi. "Oleh karena itu tidak bisa menyelesaikan ekonomi tanpa menyelesaikan pandemi karena volume tak akan bisa di-adress," jelas dia.(jar)


0 Komentar