Selasa, 05 Mei 2020 15:43 WIB

Syahrul Yasin Ajukan Anggaran untuk Pemanfaatan Lahan Gambut ke Kemenkeu

Editor : Yusuf Ibrahim
Syahrul Yasin Limpo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pertanian (Kementan) berencana mengoptimalkan produksi pertanian melalui lahan gambut untuk mengatasi perkiraan defisit pangan dan musim kemarau tahun ini.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya akan menyulap lahan gambut seluas 400 ribu hektare menjadi lahan produksi pertanian, seperti beras dan bahan pangan lainnya.

“Kita akan menyiapkan 400 ribu hektare rawa gambut yang dipersiapkan karena kita ingin antisipasi untuk musim kemarau," ujar Mentan Syahrul di Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Pihaknya akan mengajukan anggaran untuk pemanfaatan lahan gambut tersebut kepada Kemenkeu. Sebab, upaya optimalisasi lahan ini telah dibahas dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, beberapa waktu lalu.

Selain persiapan 400 ribu hektare lahan gambut, Syahrul juga merencanakan adanya lahan tambahan seluas 600 ribu hektare lagi untuk cadangan pertanian.

“Esok hari ada rakor mengenai persiapan Kementan dalam mengantisipasi kekeringan yang ada, salah satu usulan 600 ribu hektare tambahan. Ini harus ada percepatan agar dapat menanggulangi permasalahan,” pungkasnya.(jar


0 Komentar