Minggu, 02 Februari 2020 20:06 WIB

Artis China Kampanyekan Hidup Sehat untuk Cegah Virus Corona

Editor : Yusuf Ibrahim
Jackie Chan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wabah virus corona (nCov-2019) telah menewaskan lebih dari 300 orang dengan lebih dari 14.000 kasus yang terkonfirmasi di seluruh dunia.

Sebagian besar korban tewas dan terkonfirmasi berada di China. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan status darurat global terhadap wabah itu. Mereka meminta publik agar mempratikkan higienitas yang baik dan melakukan langkah pencegahan.

Hingga saat ini, pemerintah China terus berusaha mengatasi penyebaran virus tersebut. Salah satunya adalah mengarantina sejumlah kota. Salah satu kota pertama yang dikarantina adalah Wuhan, asal virus mematikan tersebut.

Selain itu, kampanye untuk mempraktikkan hidup sehat sebagai upaya pencegahan penularan virus tersebut pun terus digalakkan. Tak hanya lembaga pemerintah, para selebritas China pun turut mengampanyekan hal itu dan meminta warga negara itu untuk menjalankan kebiasaan hidup yang lebih sehat.

“Apa yang bisa saya lakukan selama waktu ini? Selain menyumbangkan uang atau lainnya, saya ingin melakukan apa pun selama saya bisa,” ujar Jackie Chan dalam sebuah video yang dia unggah di media sosial, seperti dikutip dari Jaynestars.

Selain itu, Jackie juga memberikan apresiasi kepada para staf medis yang menjadi garda depan usaha penanganan virus corona tersebut. Para staf medis adalah orang yang paling rentan tertular virus itu karena banyaknya pasien yang mereka tangani sepanjang waktu.

“Bayangan dan cerita kalian telah menyentuh kami secara mendalam. Selama kalian ada di sana, ada harapan untuk hari esok. Terima kasih! Kalian berkorban demi pasien kalian. Kami juga ingin memberikan kepada kalian! Kami adalah tahanan di area yang terdampak. Kami adalah sekutu terkuat yang mendukung kalian. Tambahkan minyak! Pahlawan kami … virus itu mendekatkan kita, padahal kita jauh, tapi hati kita bersama. Ketika satu sedang kacau, semuanya ada untuk memberikan dukungan. Saya percaya orang China yang bersatu bisa mengalahkan pandemik ini! Tambahkan minyak, pahlawan! Tambahkan minyak, China! Pahlawan kita akan menang! China akan menang!” ujar Jackie.

Tak hanya Jackie, para selebritas lain juga turut mengungkapkan dukungan mereka. Vickie Zhao juga punya suara yang sama dengan Jackie. Dia memberikan semangat bagi warga untuk bersama-sama memerangi virus tersebut. Sementara Alan Tam meminta warga agar mengikuti saran pencegahan penularan virus itu yang telah dikeluarkan pemerintah setempat.

“Semua tahu situasi gila ini sekarang. Ini sangat serius, jadi kami berharap semua orang bisa menghindari pergi ke tempat umum, minum lebih banyak air dan mencuci tangan lebih sering. Ketika kalian pergi keluar rumah, hindari kerumuman orang banyak. Ayo bekerja sama untuk mencegah virus ini menyebar lebih luas,” kata Alan.

Sejumlah artis lain seperti Nicholas Tse, Charlene Choi, Gillian Chung, Lin Chiling, Richie Ren dan Ruby Lin memberikan semangat kepada para petugas medis. Mereka memberikan penghormatan besar kepada mereka yang menjadi garda depan penangangan wabah virus tersebut.

“Pahlawan, tolong tambahkan minyak! Saya harap menggunakan platform ini untuk memberikan penghormatan kepada para staf medis di garis depan. Kita semua harus melawan dan melewati hambatan ini. Saya juga berharap menggunakan kesempatan ini untuk meminta semua orang agar mencuci tangan lebih sering. Kita semua harus melakukan peran kita dalam aksi pecegahan dan mempraktikkan kebersihan yang baik. Jangan menggelar terlalu banyak pertemuan. Tambahkan minyak!” ucap Nicholas Tse.(ist)


0 Komentar