Jumat, 15 Oktober 2021 14:02 WIB

Sejarah dan Makna Hari Cuci Tangan Sedunia

Editor : Yusuf Ibrahim
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- 15 Oktober diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia atau Global Hand Washing Day.

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia diprakarsai oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008. Saat itu, peringatan ini pertama kali diperingati di Stockholm, Swedia. Akhirnya, perserikatan bangsa-bangsa (PBB) pun mengumumkan bahwa 15 Oktober merupakan Hari Cuci Tangan Sedunia.

Dilansir dari CDC, Jumat (15/10/2021), peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini menyoroti pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air. Baik itu di rumah, di masyarakat, dan di seluruh dunia.

Pasalnya, seperti yang sudah diketahui, bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air adalah salah satu langkah terbaik untuk menghindari penyakit dan menyebarkan kuman, bakteri, dan virus virus ke orang lain.

Sementara itu, tahun ini, Hari Cuci Tangan Sedunia mengusung tema Masa Depan di Tangan Kita, Mari Beraksi Bersama. Tema ini menyerukan tindakan terkoordinasi saat secara aktif bekerja menuju kebersihan tangan universal.

Terkait dengan pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi di dunia, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib diterapkan untuk mengurangi penularan virus corona.

Tak hanya itu, mencuci tangan juga mempunyai banyak manfaat yang luar biasa. Di antaranya mengurangi jumlah orang yang sakit diare sekitar 23-40 persen, mengurangi tingkat absensi karena penyakit gastrointestinal pada anak sekolah sebesar 29-57 persen.

Mencuci tangan juga bisa mengurangi penyakit diare pada seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah sekitar 58 persen, dan mengurangi risiko penyakit pernapasan seperti pilek pada populasi umum sekitar 16–21 persen. Ada lima cara mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir yang tepat serta efektif. Berikut langkahnya.

1. Basahi tangan Anda dengan air bersih yang mengalir. Lalu matikan keran, dan gunakan sabun.
2. Busakan tangan Anda dengan menggosok kedua tangan Anda bersama-sama dengan sabun. Gosokkan mulai dari punggung tangan, di antara jari-jari dan di bawah kuku.
3. Gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik.
4. Bilas tangan Anda dengan baik di bawah air bersih yang mengalir.
5. Keringkan tangan Anda menggunakan handuk bersih atau keringkan dengan udara.


0 Komentar