Kamis, 11 Januari 2018 22:47 WIB

Empat Orangutan Dilepas ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Editor : Amri Syahputra

Kutai Kartanegara‚Äč, Tigapilarnews.com - Kedutaan Besar AS,Pemerintah Indonesia dan Yayasan Orangutan Siwa Borneo (BOS) pada hari Kamis mengumumkan berhasil melepaskan dua laki-laki dan dua perempuan orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di pusat Kalimantan.

Pelepasan keempat orangutan ini mengangkat jumlah total hewan langka yang terancam punah di taman nasional menjadi 75 sejak rilis pertama pada Agustus 2016.

Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) telah berkomitmen menberi US $ 87,8 juta dari tahun 2015 sampai 2020 untuk membantu pemerintah Indonesia memperbaiki pengelolaan habitat orangutan yang hampir dua juta hektar dan melestarikan spesies yang dilindungi.

"Kami bangga dapat bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan Yayasan BOS untuk membebaskan lebih banyak orangutan ke habitat aslinya," kata Direktur Pelaksana USAID Ryan Washburn.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah (BKSDA) Adib Gunawan mengatakan: "Kita harus terus melepaskan orangutan kembali ke habitat alami mereka karena masih ada ratusan orangutan yang berada di pusat rehabilitasi."

Kepala Pusat Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya untuk Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat Heru Raharjo mengatakan, lembaganya memastikan bahwa semua orangutan dapat bergabung kembali ke habitatnya dan meningkatkan populasi mereka.

CEO Yayasan BOS, Jamartin Sihite, mengatakan ada ratusan orangutan lainnya yang sedang menunggu di pusat rehabilitasi Yayasan Nyaru Menteng.

"Mari kita bekerja sama untuk menyelamatkan orangutan dan hutan yang tersisa karena hutan lestari dan hutan lindung merupakan faktor penting bagi kualitas kehidupan manusia."


0 Komentar