Senin, 24 Juli 2017 13:23 WIB

Pemimpin Dua Kubu Politik Libya Akan Berdialog di Paris

Editor : Sandi T

PARIS, Tigapilarnews.com - Pemimpin dari dua kelompok yang bertikai di Libya berencana melakukan berdialog di Paris, Selasa (25/7/2017), guna mencari solusi atas konflik di negara tersebut. 

Khalifa Haftar, yang menguasai Libya timur, dan kepala pemerintahan bersatu dukungan PBB Perdana Menteri Fayez al Sarraj diperkirakan berdialog di bawah mediasi Presiden Prancis Emmanuel Macron seperti dilansir surat kabar Prancis JDD, Minggu (23/7/2017).

Menurut laporan tersebut, Ghassam Salame, utusan baru PBB untuk Libya, membenarkan pertemuan tersebut akan digelar. 

Salame menolak berkomentar ketika dihubungi AFP. 

Juru bicara Macron juga menolak mengonfirmasi pelaksanaan dialog tersebut. 

Ini akan menjadi dialog kedua antara Sarraj dan Haftar dalam rentang waktu tiga bulan terakhir setelah mereka bertemu di Abu Dhabi pada Mei silam. 

Sarraj beberapa waktu lalu mengajukan proposal politik termasuk pelaksanaan pemilu presiden dan parlemen pada Maret 2018. 

Persaingan politik dan pertempuran antarmilisi mengambat pemulihan Libya dari konflik yang meletus menyusul revolusi pada 2011 yang berujung dengan penggulingan dan pembunuhan presiden Moamer Kadhafi. 

Pemerintah persatuan nasional pimpinan Sarraj belum mampu memegang penuh otoritas atas seluruh wilayah Libya sejak mulai memerintah di Tripoli pada Maret 2016. Pemerintah tandingan pimpinan Haftar di Libya timur menolak mengakui rezim Sarraj.

sumber: antara


0 Komentar