Rabu, 07 Juni 2017 08:21 WIB

Prancis Harap Ketegangan Qatar dan Saudi Segera Selesai

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drain. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Prancis berharap Qatar segera melakukan dialog dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, Yaman, Bahrain, dan Libya untuk menyelesaikan masalah yang ada. 

Saudi dan lima negara lainnya memutus hubungan diplomatik karena menilai Qatar telah mendukung terorisme, dan mencampuri urusan dalam negeri mereka. 

"Perancis berharap agar ketegangan saat ini diselesaikan melalui dialog," kata Kementerian Luar Negeri Prancis dalam sebuah pernyataan, sepeti dilansir Reuters pada Selasa (06/06/2017).

Kementerian itu juga mengatakan, Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drain akan mengadakan pembicaraan dengan rekan-rekannya di Saudi dan Qatar, serta wakil Pangeran Mahkota Abu Dhabi untuk membahas masalah tersebut.

"Dia kemudian akan melakukan perjalanan ke Mesir," sambung kementerian itu.

Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani sebelumnya mengatakan Doha siap untuk melakukan mediasi dengan Arab Saudi cs. Dia juga menyebut penguasa Qatar telah menunda sebuah pidato untuk memberi Kuwait kesempatan untuk meredakan ketegangan regional.

Dia mengatakan, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani telah berbicara melalui telepon Emir Kuwait, Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber al-Sabah yang telah mempertahankan hubungan diplomatik dengan Qatar, mengenai masalah yang terjadi.

"Qatar ingin memberikan Emir Kuwait Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber al-Sabah untuk melanjutkan dan berkomunikasi dengan para pihak dalam krisis dan untuk mencoba memuat masalah ini," kata Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani.(exe/ist)


0 Komentar