Rabu, 10 Mei 2017 17:31 WIB

Polisi: Ki Gendeng Pamungkas Sengaja Lakukan Diskriminasi Ras Dan Etnis Cina

Reporter : Asropih Editor : Danang Fajar
Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Wahyu Hadiningrat (Foto: asropih)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Wahyu Hadiningrat mengatakan diskriminasi ras dan etnis terhadap golongan Cina, yang dilakukan paranormal Ki Gendeng dengan sengaja.

Menuturnya, Diskriminasi itu bertujuan untuk menyebarluaskan kebencian terhadap etnis dan ras tersebut di masyarakat.

"Tujuannya seperti yang tertuang dalam pasal. Bahwa tersangka ini sengaja ingin menyebarluaskan kebencian terhadap salah satu ras atau etnis," ujar Wahyu di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2017).

Wahyu juga mengatakan, Gendeng membuat video ujaran kebencian terhadap etnis tertentu tersebut seorang diri. Video yang berdurasi 54 detik tersebut diunggah Ki Gendeng sendiri di jejaring sosial Youtube dan Twitter.

"Jadi dia buat sendiri dengan menggunakan tripod, lalu dia merekam sendiri. Dia arahkan ke dia, seperti selfie," ungkapnya.

Sementara itu, Wahyu mengaku Ki Gendeng Pamungkas menyebarluaskan video diskriminasi tersebut pada tanggal 2 Mei lalu. Namun, perilaku diskriminasi sudah dilakukan Gendeng sejak lama.

"Berdasarkan keterangan sementara, jadi tersangka yang bersangkutan mengatakan, dari dulu sudah melakukan hal (diskriminasi) seperti ini," tutupnya.


0 Komentar