Senin, 01 Mei 2017 15:22 WIB

Peringati Hari Buruh, Petani Karawang Gelar Aksi Kubur Diri di Monas

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Petani Telukjambe gelar aksi 'Kubur Diri'. (Foto: Evi Ariska)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Memperingati Hari Buruh, petani Telukjambe, Karawang melakukan aksi 'mengubur diri' di Halaman Monumen Nasional (Monas), Jalan Merdeka Barat, jakarta Pusat, Senin (1/5/2017). 

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes lambatnya penyelesaian sengketa agraria antara petani Telukjambe dengan PT Pertiwi Lestari. 

Petani juga menginginkan kebangkitan harkat dan martabat para petani di dalam memperoleh hak-hak mereka sebagai petani.

Pada “nisan” yang mereka bawa untuk aksi kubur diri, terdapat tulisan “Bangkitkan Keadilan untuk Anak Cucu Kami!”. 

Yono (47), salah satu petani mengaku sudah hampir sebulan berada di Ibukota dan sudah hampir seminggu ini melakukan aksi yang sama.

"Sudah hampir sebulan, kita tinggal di Muhammadiyah. Kemarin kita demonya di depan Istana Negara," kata Yono yang saat itu sedang berdiri memegang spanduk.

Sementara petani lainnnya yang sedang berorasi memberikan semangat kepada yang lain. Adapun beberapa tuntutan mereka, yakni menegakkan UU Pokok Agraria, mengembalikan hak petani, mengembalikan petani Telukjambe ke posisi semula, dan cabut HGB nomor 15,11, dan 30 atas nama sebuah perusahaan tertentu.

"Hari ini aksi kelima kita. Kita tetap akan betlanjut melakukn aksi untuk petani kerawang, sebelum kita mendapatkan apa yang kita aspirasikan," pungkas Yono. 


0 Komentar