Sabtu, 29 April 2017 08:46 WIB

Trump Kasih Pujian ke Kim Jong-un

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, secara mengejutkan memberikan pujian kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Menurutnya, tidak banyak pria berusia 27 tahun bisa masuk dan mengambil alih sebuah rezim.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, Trump memberikan penilaian apakah diktator muda Korut itu seorang pemimpin yang rasional.

Penilaian itu merujuk pada situasi di mana ia mendapati dirinya menggantikan almarhum ayahnya, Kim Jong-il, pada usia yang sangat muda.

"Umurnya 27 tahun. Ayahnya meninggal, mengambil alih sebuah rezim. Jadi, katakan apa yang Anda inginkan, tapi itu tidak mudah, terutama pada usia itu," kata Trump berempati seperti dikutip dari Express, Jumat (28/4/2017).

Trump melanjutkan untuk mengklarifikasi bahwa dia tidak memuji pemimpin Korea Utara. "Saya tidak memberinya pujian atau tidak memberinya pujian, saya hanya mengatakan itu hal yang sangat sulit dilakukan," kata Trump. 

"Mengenai apakah dia rasional atau tidak, saya tidak memiliki pendapat mengenai hal itu. Saya harap dia rasional," imbuhnya.

Komentar Trump ini datang saat sekretaris negara, Rex Tillerson, menandakan kesediaan yang langka untuk mengadakan pembicaraan langsung dengan Korut untuk mencari solusi diplomatik.

"Jelas, itulan cara kami ingin menyelesaikan ini," kata Tillerson dalam sebuah wawancara.

AS dan Korut terlibat perang retorika ditengah memanasnya situasi di Semenanjung Korea.

Korut terus melakukan uji coba rudal, terakhir dilakukan pada akhir pekan minggu lalu, dan diduga tengah mempersiapkan uji coba nuklir terbaru.

Menanggapi hal ini, armada kapal perang AS yang dipimpin kapal induk USS Carl Vinson berlayar menuju perairan Korea.

Korut mengancam akan menyerang AS dan menenggelamkan kapal induk USS Carl Vinson tenggelam dalam satu serangan. AS tak kalah gertak dengan mengatakan semua opsi terkait Korut telah berada di atas meja, termasuk opsi militer.(exe/ist)


0 Komentar