Sabtu, 08 April 2017 17:31 WIB

Ketua DKPP Tegaskan Isu SARA Tak Laku di Pilgub DKI

Editor : Rajaman

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Jimly Asshidiqqie menegaskan, masyarakat sudah bosan dengan isu SARA yang dijadikan alat dalam Pilgub DKI.

Menurut Jimly, isu agama sama sekali tak mempengaruhi masyarakat, lantaran sebagian besar pemilih bersifat rasional, seperti yang terjadi di Kepulauan Sula, Maluku Utara.

"Di kepulauan Sula itu 90 persen masyarakatnya Muslim, yang menang di Pilkada-nya namanya Hendrata Thes, seorang Kristen dan Tionghoa dan gak ada yang marah tuh," kata Jimly di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (8/4/2017).

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menerangkan, dalam pemilihan itu, pasangan Hendrata Thes dan Zulfahri Abdullah‎ sempat digugat ke Mahkamah Konstitusi. Namun, tetap saja mereka menang.

"Memang itu yang diinginkan masyarakat setempat. Kita tidak boleh melarangnya," tutur mantan ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ini.

Menurut dia, masyarakat Jakarta harus belajar dari warga pulau di ujung utara Indonesia itu.

"Kalau misalnya di DKI, yang menang bukan temennya Hendrata (Anies Baswedan, red), ya berati itu kehendak rakyat. Tapi kalau yang menang temennya Hendra (Basuki Tjahaja Purnama, red), yang menang, itu artinya masyarakat menginginkan dia menjadi gubernur. Intinya kita tak boleh marah, karena demokrasi seperti itu," pungkasnya.


0 Komentar