Jumat, 24 Maret 2017 17:01 WIB

Wonderful Indonesia Peringkat ke-47 Dunia

Editor : Rajaman
Wonderful Indonesia (ist)

PONTIANAK, Tigapilarnews.com - Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata RI, Watie Moerany mengatakan branding pariwisata "Wonderful Indonesia" semakin populer dan kini menempati peringkat ke-47 dunia.

"Pada tahun sebelum - sebelumnya, Wonderful Indonesia berada di peringkat 100-an dari seluruh negara di dunia. Namun mulai tahun 2016 sudah naik ke peringkat ke-47," ujarnya saat sosialisasi branding Pesona Indonesia di Pontianak, Jumat (24/3/2017).

Watie menyebutkan dengan sudah semakin populernya branding tersebut membuat Kementerian Pariwisata fokus kepada promosi destinasi wisata dan penjualan paket wisata.

"Anggaran sebelumnya untuk branding sebesar 30 persen dan promosi 20 persen. Namun saat ini sudah terbalik yakni lebih besar promosi. Sedangkan untuk penjualan tetap 50 persen. Kita sekarang bisa fokus ke promosi, karena branding kita sudah dikenal," ujar dia.

Ia menambahakan saat ini promosi berkesinambungan dalam branding pariwisata pesona Indonesia telah dilakukan secara luas. Tidak hanya oleh pemerintah dan pelaku bisnis wisata, melainkan juga masyarakat sendiri.

"Ketika branding atau merek itu disuarakan banyak orang akan makin menyebar secara luas. Dengan brand tersebut, pariwisata Indonesia akan mudah dikenal, diingat dan identitasnya jelas. Brand pesona Indonesia' digunakan di dalam negeri. Sedang untuk ke luar negeri memakai Wonderful Indonesia dengan logo Burung Garuda," kata dia.

Sasaran dari branding tersebut dikatakannya secara umum masyarakat luas, tapi juga ditekankan bagi akademisi, pemerintah, media, industri pariwisata dan komunitas.

"Saatnya semua memahami perspektif yang sama akan menguatkan citra brand pariwisata. Brand perlu dibranding sebagai upaya sosialisasi atau memperkenalkan pada segmen pasar yang tersebar di Indonesia," harapnya.

sumber: antara


0 Komentar