Senin, 20 Februari 2017 10:22 WIB

Aksi PNS Ciuman Massal di Nias, DPR: Ini Mencoreng Gerakan Revolusi Mental

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Hendrik Simorangkir
Anggota Komisi II DPR RI, Arteria Dahlan. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pengguna media sosial kembali dihebohkan dengan beredarnya foto ciuman massal sejumlah anggota PNS Nias Selatan, saat merayakan hari valentine day (hari kasih sayang) yang berlangsung 14 Februari 2017.

Hal tersebut membuat para netizen dan sejumlah pihak mengecam aksi ciuman di muka umum yang dilakoni sejumlah Aparat Sipil Negara (ASN). Karena telah dianggap mencoreng adat istiadat di Nias. 

Menurut Anggota Komisi II DPR RI, Arteria Dahlan mengatakan, tidak seharusnya para PNS melakukan hal-hal yang dianggap merusak kearifan lokal atau adat istiadat yang ada di wilayah Nias Selatan.

"Walaupun dilakukan oleh suami istri yang sah, di muka umum masih belum dapat diterima oleh sebagian besar masyarakat kita, apalagi di Nias itu sangat kental sekali dengan adat istiadat, penghormatan terhadap leluhur serta sangat menjaga etika," ujar Arteria, Senin (20/2/2017).

Selain itu, Arteria akan mendesak Komisi ASN agar mengirim tim ke Nias Selatan untuk mencari tahu benar atau tidaknya kabar yang beredar di media sosial tersebut.

Dirinya menjelaskan, para PNS yang terlibat dalam aksi ciuman massal, seharusnya memberikan contoh baik untuk masyarakat. Karena, mereka adalah orang-orang terpilih dan seharusnya bisa bersikap mengayomi dengan memberikan pelayanan publik terbaik.

"Mereka itu adalah simbolisasi hadirnya negara di tengah masyarakat. Ini mencoreng gerakan revolusi mental dan reformasi birokrasi," tandasnya.