Minggu, 22 Januari 2017 19:55 WIB

Tangerang Miliki Empat Sentra Otomotif

Reporter : Hendrik Simorangkir Editor : Yusuf Ibrahim
Sentra otomotif di Tangerang. (poto Hendrik/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tangerang memiliki sejumlah sentra otomotif yang bisa dijadikan rujukan, di antaranya Sentra Otomotif Plaza Shinta di Cimone dan kawasan onderdil di Jalan Raya Ciledug.

Keduanya berada di wilayah Kota Tangerang. Sedangkan di Tangerang Selatan (Tangsel) ada Sentra Onderdil BSD City dan Sentra Otomotif Bintaro Trade Center. 

Di wilayah Tangsel, sentra otomotif di BSD terdapat dua kawasan sentra otomotif, yaitu Sentra Onderdil BSD dan BSD Autopart. Keduanya hanya berjarak 300 meter. Walaupun berdekatan, konsep yang diusung berbeda. 
 
Sentra onderdil BSD berbentuk ruko-ruko, sedangkan BSD Autoparts berkonsep kios berlantai satu. BSD Autoparts pun lebih lengkap serta lebih ramai, karena dijejali 354 kios. Jauh lebih banyak dari Sentra Onderdil BSD yang hanya memiliki 38 ruko.
 
Banyaknya pedagang dan ragam suku cadang membuat Sentra Onderdil BSD dan BSD Autoparts ini layaknya 'one stop shoping'. Berbagai suku cadang atau jeroan mobil dari berbagai merek, baik keluaran baru hingga masa lampau tersedia, termasuk aksesoris dan perangkat audio. 
 
Sementara di wilayah Bintaro berada di Bintaro Trade Center lantai satu dan dua. Pusat onderdil yang ada sejak tahun 2005 dengan PT Sumber Jaya Kelola Indonesia sebagai pengelolanya. "Hingga saat ini ada 130 tenant di sentra onderdil," kata Arief Budidarma, Marketing Relation Tenant Bintaro Trade Center. 
 
Di tempat itu tersaji bermacam-macam spareparts dari segala jenis mobil baik itu yang terbaru maupun lawas. "Ada juga beberapa toko yang menjual khusus audio dan toko khusus menjual part limbahan," ucap Arief. 
 
Kawasan otomotif di wilayah Kota Tangerang berbeda dengan wilayah Tangsel, karena tidak memiliki lahan khusus untuk otomotif. Di Ciledug, kawasan bisnis otomotif, khususnya penjual onderdil dan aksesoris sepeda motor, berada di sepanjang Jalan Raya Hos Cokroaminoto. 
 
Di jalan itu sekurangnya terdapat 135 toko, yang terdiri dari toko aksesoris motor, bengkel motor, pedagang motor bekas, serta beberapa showroom motor. 
 
Sedangkan sentra otomotif di Cimone, berada di kawasan pusat perbelanjaan Plaza Shinta. Terdapat 134 toko yang menjual segala kebutuhan untuk mendandani mobil. Mulai dari toko spareparts dan aksesoris, bengkel dan workshop audio. 
 
Keempat sentra otomotif Tangerang tersebut berada di kawasan strategis karena dapat di akses dari segala arah. Contohnya sentra otomotif di BSD City dapat di akses dari tol Jakarta-Tangerang, tol Bintaro-Serpong, dari arah Pamulang dan dari arah Kota Tangerang. 
 
Pesatnya pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor di Tangerang, membuat peluang bisnis di dunia otomotif sangat menjanjikan. Bukan hanya pencinta otomotif saja yang merasa 'surga', melainkan pemilik toko sparepart dan aksesoris dapat meraup omset puluhan juta setiap bulannya. 
 
"Keuntungan berbisnis di dunia otomotif memang besar, karena konsumen tidak mempedulikan berapa banyak uang yang mereka keluarkan untuk 'mendandani' kendaraannya, asalkan mereka senang dan puas," tegas Hasan Basri, pemilik toko aksesoris dan spareparts motor Planet Motor Sport di Jalan Ciledug Raya Petos 6 No. 3-5, Ciledug, Kota Tangerang.(exe)