Senin, 12 Desember 2016 17:16 WIB

Pria Pengangguran Bobol ATM Ditangkap

Editor : Danang Fajar
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya mencokok NKM (43), pencuri uang dari mesin ATM di wilayah Jakarta Barat.

Pria pengangguran ini dibekuk di Rumah Makan Tanjung Karang, BANDAR Lampung, 8 Desember lalu.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Budi Hermanto menjelaskan, modus yang digunakan NKM yakni menahan uang yang akan keluar dari mesin ATM Alfamart Cengkareng, Jakarta Barat.   Dia sendiri merupakan nasabah  Bank BCA.

"Pelaku berkali-kali menarik uang dari mesin ATM merk Hyosung. Tujuan menahan uang keluar itu supaya tak terdeteksi dari mesin sensor pencatat saldo‎," ucapnya di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/12/2016).

Budi melanjutkan, setelah uang keluar, saldo milik pelaku sama sekali tak berkurang.

"Dia mengambil uang‎ hingga ratusan kali. Keuntungan yang didapat mencapai Rp 1,9 miliar," ungkap Budi.

NKM sendiri mengaku mempelajari cara ini melalui Google ATM Hacker. Diduga, ia sudah melakukan perbuatannya selama beberapa kali.

"Aksinya terekam CCTV di gerai ATM,"ujar Budi.

Uang sebanyak itu ia gunakan untuk membeli Mobil ‎Pajero dan handpone Samsung S7.

"Uang dalam tabungan tinggal sisa Rp 15.761.600," tutur Budi.

Dalam penangkapan ini, polisi menyita sejumlah barang bukti seperti, empat kartu ATM dari berbagai Bank, sebuah handpone Samsung S7, satu unit Mobil Pajero dan uang tunai Rp 15 juta.

Kini, pria asal Bumi Aji, Lampung itu tengah mendekam di Rutan Polda Metro Jaya. Ia dijerat pasal ‎363 KUHP dengan ancaman kurungan minimal tujuh tahun.
0 Komentar