Selasa, 22 November 2016 16:15 WIB

KPI Resmi Berhentikan Sementara Tayangan ILC

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya mengeluarkan peringatan keras berupa keterangan tertulis kepada pihak Tv One terkait dengan program acara Indonesia Lawyers Club (ILC) yang diminta diberhentikan sementara penayangannya.

Berdasarkan SK KPI dengan no 886/K/KPI/31.2/10/16 yang dikeluarkan 14 Oktober 2016 KPI langsung menyasar surat tersebut kepada Direktur Utama Tv One Ardiansyah Bakrie.

"Berdasarkan aduan masyarakat dan hasil analisa, KPI menilai program siaran jurnalistik 'Indonesia Lawyers Club (ILC) yang menayangkan program siaran berjudul "Setelah Ahok Minta Maaf" tayang pada 11 Oktober 2016 pukul 19.37 WIB kurang memperhartikan ketentuan tentang penghormatan terhadap nilai-nilai kesukuan, agama, ras dan antar golongan (SARA) serta prinsip-prinsip jurnalistik yang mempertentangkan SARA seperti diatur dalam pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Proghram Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012," terang isi surat tersebut yang langsung ditanda tangani Ketua KPI Yuliandre Darwis seperti dikutip Tigapilarnews.com dari viral sosial media, Selasa (22/11/2016).

Masih berdasarkan isi surat tersebut, jika pada program dengan judul itu bermuatan perbedaan pendapat dalam masalah berlatar belakang SARA yang ebrpotensi menimbulkan pro-kontra di masyarakat.

Dengan demikian, KPI Pusat meminta saudara untuk tidak menayangkan kembali (re-run) program tersebut dan atau program siaran lain dengan muatan serupa," tegas Yuliandre.

Lebih lanjut Yuliandre menyatakan, peringatan ini merupakan bagian pengawasan KPI Pusat terhadap pelaksanaan peraturan P3 dan SPS oleh lembaga penyiaran sebagaimana diamantkan dalam UU no 32 tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran).

"Saudara diharapkan lebih berhati-hati dalam menyajikan program siaran dan senantiasa menjadikan P3 dan SPS KPI tahun 2012 sebagai acuan dalam penanyangan program siaran," tandas Yuliandre mengakhiri pesan tertulisnya.

Diketahui, Melalui akun twitternya, Direktur Pemberitaan TV One Karni Ilyas mengumumkan penayangan ILC akan libur Selasa besok. Karni juga menyebut ILC akan hadir kembali.

“Dear Pencinta ILC: Diskusi ILC, Selasa besok, untuk sementara waktu, diliburkan. Sampai ketemu di ILC yang akan datang. Terima kasih,” kata Karni lewat akun twitternya.
0 Komentar