Jumat, 11 November 2016 14:58 WIB

Wakapolda Persilahkan HMI Laporkan Irjen Iriawan ke Propam

Editor : Rajaman
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) resmi melaporkan Kapolda Metro Jaya Irjen Iriawan ke Propam Mabes Polri.

Alasannya, Kapolda diduga memprovokasi pendemo untuk menyerang bahkan menghabisi massa HMI yang dianggap biang kerok aksi kericuhan 4 November yang sudah tersebar melalui viral media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana mempersilahkan HMI melaporkan bosnya itu. Pasalnya, hal tersebut merupakan hak setiap warga negara yang merasa dirugikan dan dapat membuat laporan kepolisian termasuk ke Propam sekalipun.

"Kami mendengar itu bahwa ade-ade HMI melaporkan itu, nanti silahkan saja itu merupakan hak sebagai warga negara yang merasa apabila ada tindakan atau yang dilakukan anggota polri yang tidak sesuai dengan pandangan mereka," ucapnya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (11/11/2016).

"Nanti saya yakin Mabes Polri akan memproses sesuai dengan aturan," sambungnya.

Namun, Suntana menegaskan, saat pengamanan aksi damai 4 November yang berakhir ricuh itu, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan tahapan-tahapan pengamanan yang sesuai dengan peraturan polri.

"Kita sudah melakukan diskusi, rapat, dengan para rencana yang akan unjuk rasa. Mana yang harus dilakukan mana yang tidak boleh dilakukan. Termasuk adanya indikasi provokasi pun udah kita sampaikan apabila ada masa yang cukup besar agak mudah diprovokasi oleh orang," tandas Suntana.

Sebelumnya diketahui, HMI melaporkan Irjen Iriawan ke Barsekrim dan Propam, Jumat (11/11/2016).

Permasalahan ini dipicu lantaran pasca demo tersebut, muncul video viral Kapolda di Yotube dengan judul 'Terungkap! Kapolda Provokasi massa FPI untuk serang massa HMI. Ini buktinya'. Dalam video tersebut, Irjen M Iriawan mengatakan beberapa kata-kata yang provokatif.

"Tadi tuh nggak ada gini-ginian (rusuh HMI), kalian kejar HMI itu, kita dipukulin habis (aparat polisi), kalian pukulin dia, anak buah saya sudah korban banyak, saya nggak ada urusan sama kalian, saya M Iriawan, kalian pukulin HMI itu memang dia provokator," kata Iriawan.
0 Komentar