Kamis, 10 November 2016 19:42 WIB

Fadli Zon Sebut Penangkapan Kader HMI Seperti PKI, Ini Kata Polisi

Editor : Rajaman
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku kecewa dengan sikap kepolisian yang menangkap lima kader HMI, diduga provokator aksi demo ricuh pada 4 November lalu, layaknya operasi Partai Komunis Indonesia (PKI).

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengatakan, siapapun yang berbuat salah akan diperlakukan hal serupa.

"Saya pikir kan mau organisasi apa pun itu kan sama elemen masyarakat sama di depan hukum, siapa melakukan apa harus dipertanggungjawabkan," ucapnya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/11/2016).

Menurut Awi, tidak ada larangan pihak kepolisian untuk menangkap seorang tersangka. "Memang di KUHAP ada yang larang polisi menangkap ini? Semua sama di depan hukum," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyayangkan penangkapan Sekretaris Jenderal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ami Jaya dan 4 kader HMI lainnya pada Selasa (8/11) dini hari. Fadli menilai, penangkapan para kader HMI itu tidak wajar dan seperti operasi penangkapan Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Operasi penangkapan kepolisian terhadap lima kader HMI yang tak proporsional, dikhawatirkan akan semakin memperkeruh suasana. Sebab cara-cara yang dilaksanakan dianggap kurang wajar, dilakukan tengah malam, seperti operasi penangkapan PKI di masa lalu," kata Fadli di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/11/2016).
0 Komentar