Senin, 15 Agustus 2016 22:11 WIB

Koalisi Kekeluargan Pecah, Gerindra Dukung Pandangan PKB

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Partai politik DKI Jakarta yang bergabung dalam Koalisi Kekeluargan terancam pecah.

Enam partai kecuali PDI Perjuangan berencana mengusung Sandiaga Uno-Saefullah sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dideklarasikan oleh PKB Kamis (18/08/2016) mendatang.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Muhammad Taufik, mengatakan berdasarkan informasi dari Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hazbyallah Ilyas, PKB akan mendeklarasikan mengusung pasangan Sandiaga Uno-Saefullah. Menurutnya, sebagai pemilik cagub, Gerindra sangat mendukung padangan tersebut.

Dia pun mengklaim bila PKS, Demokrat, PAN dan PPP akan ikut mendukung. Apalagi bila PDI Perjuangan sebagai pemilik kunci cagub dalam Koalisi Kekeluargaan mengusung pasangan calon incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot seperti apa yang ramai dibicarakan saat ini.

"Pasangan dari swasta dan birokrasi saya rasa sangat ideal untuk warga Jakarta. Kami pimpinan partai sudah intens membicarakan pasangan tersebut. Tinggal tunggu PDI Perjuangan saja. Kalau mereka mengusung Ahok-Djarot, ya kami akan memajukan Sandiaga-Saefullah. Head to head saya yakin kami menang. Ahok kalah karena ulahnya sendiri," kata Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (15/08/2016).

Taufik menjelaskan, Koalisi Kekeluargaan itu sudah sepakat memberikan kursi cagub kepada PDI perjuangan sebagai partai pemenang. Namun, enam partai dalam Koalisi Kekeluargaan tidak bisa mengintervensi PDI Perjuangan untuk memutuskan siapa cagub yang pantas mendampingi Sandiaga Uno sebagai wagub.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hazbyallah Ilyaz, menampik bila dikatakan akan mendeklarasikan pasangan cagub dan cawagub Sandiaga-Saefulah. Menurutnya, DPW PKB DKI Jakarta justru akan membawa Saefullah kepada Koalisi Kekeluargaan untuk dipasangkan dengan Sandiaga.

Hazbi menuturkan, keinginan mendampingkan Saefullah sebagai cawagub merupakan hasil mekanisme penjaringan internal PKB. Artinya, sebagai partai yang masuk dalam Koalisi Kekeluargaan, PKB akan membawa Saefullah terlebih dahulu kedalam pembahasan koalisi kekeluargaan.

"Itu masih tentatif. Nanti akan kami bawa ke koalisi kekeluargaan. Kalau PDI Perjuangan punya calon lebih kompeten ya kita bahas. Tapi saya rasa tidak perlu tunggu PDI perjuangan," ungkapnya.(exe/ist)
0 Komentar