Jumat, 24 Juni 2016 06:36 WIB

PM Australia Minta Inggris Tetap di UE

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, mengatakan akan ada dampak besar pada perekonomian global jika hasil referendum menyatakan Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa (UE).

"Ini akan menjadi kejutan yang sangat besar, tidak ada keraguan tentang itu. Jelas akan ada upaya-upaya besar untuk memastikan bahwa rasa syok dari konsekuensi itu diminimalkan," kata Turnbull kepada wartawan, seperti dikutip dari Fox News, Kamis (23/06/2016).

Sementara Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop juga mengatakan hal serupa. "Kepentingan nasional untuk Inggris yang kuat, seorang teman yang diperlukan dan sekutu kita, untuk tetap di dalam Uni Eropa," tegasnya.

Seperti diketahui, hari ini Inggris menggelar referendum bersejarah untuk memutuskan tetap bertahan di UE atau hengkang alias Brexit.

Jajak pendapat terus bermunculan beberapa jam sebelum pemungutan suara referendum dimulai. Rata-rata hasil jajak pendapat sejumlah lembaga survei menyatakan suara pro-Inggris bertahan di UE unggul tipis dari suara pro-Brexit.

Para analis mengatakan, apa pun hasil dari referendum akan membuat Inggris mencetak sejarah di Eropa.(exe/ist)
0 Komentar