Kamis, 16 Juni 2016 05:27 WIB

Rumania Buat Swiss Gagal Cetak Sejarah

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Harapan Swiss untuk menuntaskan pertandingan kedua di Grup A dengan kemenangan belum tercapai.

Hasil imbang melawan Rumania membuat Swiss gagal mencetak sejarah menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 Besar Piala Eropa 2016. Sebenarnya laga yang berlangsung di Stade de Princes, Kamis (16/06/2016), akan dijadikan momentum sejarah untuk kali pertama Swiss lolos ke babak hidup mati.

Tapi apa mau dikata, skor 1-1 menjadi hasil yang harus mereka terima. Raihan satu angka sebenarnya tidaklah terlalu buruk buat Swiss. Pasalnya, tim asuhan Vladimir Petkovic sempat tertinggal di babak pertama.

Di menit 18 pemain Swiss, Stephan Lichtsteiner membuat kesalahan fatal setelah menjegal Alexandru Chipciu. Kontan wasit pun langsung menunjuk titik putih. Bogdan Stancu yang bertugas sebagai algojo pun sukses menjalankan tugasnya mengubah papan skor.

Gol semata wayang milik Rumania ternyata melecut mental pemain Swiss untuk memburu gol di babak kedua. Namun gol penyeimbang baru lahir di menit 57 lewat gol Ahmad Memedi.

Dengan hasil imbang tersebut, Swiss memimpin di klasemen sementara dengan nilai empat. Di laga pertama, Swiss sukses membekap Albania dengan skor tipis 1-0.

Sementara itu buat Rumania tambahan satu angka membuat peluang mereka untuk meneruskan langkahnya di Prancis masih terbuka. Walau kalah di laga perdana melawan Prancis, mereka masih menyisakan satu pertandingan melawan Albania.

Sepanjang keikutsertaannya di Piala Eropa, Swiss belum sekalipun merasakan tampil di babak 16 Besar. Peluang mereka sebenarnya ada di depan mata saat mereka menjadi tuan rumah bersama Austria pada 2008. Sayang, dalam dua pertandingan di penyisihan grup, Swiss dua kali mengalami kekalahan dari Rep. Ceko 0-1 dan Turki 1-2.

Sementara itu Swiss lolos ke putaran final di Perancis dengan catatan bisa dikatakan luar biasa. Bergabung di Grup E bersama Inggris, Slovenia, Estonia, Lithuania, dan San Marino, Stephan Lichtsteiner dan kawan-kawan finis di posisi kedua di bawah Inggris. Dari 10 pertandingan mereka hanya mencatat tiga kali kekalahan.(exe/ist)

Susunan Pemain:

Rumania
Ciprian Tatarusanu; Cristian Sapunaru, Vlad Chiriches, Dragos Grigore, Razvan Rat (Steliano Flip); Mihai Pintilii (Ovidu Hoban), Andrei Prepelita; Gabriel Torje, Alexandru Chipciu, Bogdan Stancu (Florin Andone); Keseru

Swiss
Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Johan Djourou, Fabian Schar, Stephan Lichtsteiner; Valon Behrami, Blerim Dzemaili (Michael Lang); Granit Xhaka Admir Mehmedi, Xherdan Shaqiri (Shani Tarashaj); Haris Seferovic (Breel Embolo).
0 Komentar