Kamis, 12 Mei 2016 18:44 WIB

Pemprov DKI Diminta Batalkan Reklamasi Pulau E

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk membatalkan reklamasi Pulau E.

Sebelumnya, KLHK sudah menyegel tiga pulau reklamasi yakni Pulau C, Pulau D, dan Pulau G di Teluk Jakarta agar pembangunannya dihentikan sementara.

"Yang sudah diputusin itu Pulau C, D, G . Kita juga memerintahkan kepada DKI untuk membatalkan Pulau E," ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya, di kantornya, Kamis (12/5/2016).

Siti menuturkan bahwa reklamasi Pulau E bisa dibatalkan karena masih rencana pembangunan. Sementara Pulau C dan D mesti harus diperbaiki lagi AMDAL-nya.

"Karena dia dalam satu dokumen AMDAL dan dengan situasi yang ada dan teknis yang berjalan maka C, D di perbaiki dan Pulau E dibatalkan saja karena masih rencana. Yang G dihentikan juga disuruh perbaiki beberapa karena kan beda perusahaan," ujar Siti.

Penghentian sementara diberlakukan karena Pulau C dan Pulau D belum ada izin Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Sanksi Administratif selama 125 hari diberlakukan sehingga tidak boleh melakukan kegiatan apapun. Usai disegel, Pemda DKI dan pihak kementerian akan melakukan pengawasan pada pulau-pulau yang telah disebutkan.

"Langkahnya setelah disegel kan di dalam SK ada rinciannya tuh. Dia harus ngapain-ngapain. Dia pasti enggak ngerti karena ketika kita bilang harus lakukan ini lakukan ini, lokasinya di sebelah mana maka timnya harus lakukan briefing. Supervisi harus dilakukan oleh Pemda DKI dan Kementrian. Kalo supervisi dan pengawasannya berjalan kan maka pengawasan otomatis akan berjalan," tegas politikus NasDem ini.
0 Komentar