Senin, 04 April 2016 10:13 WIB

2017, DKI Targetkan UN Berbasis Komputer di Seluruh Sekolah

Editor : Hermawan
Laporan: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menjelaskan sejatinya pelaksanaan ujian nasional (UN) berbasis komputer pada tahun ini dapat dilakukan secara menyeluruh apabila menggandeng pihak swasta

Ahok mengaku ada sejumlah universitas menawarkan diri untuk menggunakan gedungnya dalam pelaksanaan UN ini.

"Binus (Universita Bina Nusantara) nawarin, sekolah komputer kan lengkap. Tapi, kami khawatir kalau seperti itu mobilisasi gimana. Administrasi mesti diberesin. Target tahun depan semua seperti itu. Kami kirim anak-anak itu tes ke universitasnya," ujar Ahok, usai memberikan pidato di SMAN 30 Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (4/4/2016) pagi.

Ahok datang ke SMAN 30 Jakarta didampingi Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Andrianto.

Dalam kesempatan ini, Sopan menyampaikan persentase sekolah di DKI Jakarta yang menyelenggarakan UN berbasis komputer tergolong masih sedikit dibandingkan berbasis pensil dan kertas.

"Untuk UN tahun sekarang (di DKI Jakarta), memang persentase sekolah yang menyelenggarakan berbasis komputer dengan berbasis pensil dan kertas lebih banyak pensil dan kertas," ujar Sopan.

Sopan mengungkapkan Pemprov DKI Jakarta menargetkan pelaksanaan UN berbasis komputer secara menyeluruh di sekolah-sekolah DKI Jakarta akan dilakukan pada 2017 mendatang.

"Kami menargetkan 2017 seluruh sekolah di DKI Jakarta, kami akan paksa (pakai komputer). Kita akan lakukan seluruhnya berbasis komputer. Termasuk swasta," jelas Sopan.

Ahok melanjutkan masalah itu terjadi lantaran adanya keterbatasan prasarana komputer.

"Kendala terbatas prasarana komputer. Sekarang kami, 47 persen gedung jelek. Gedung jelek, punya komputer. Kena air, nanti rusak. Bongkar lagi, tanggung kan. Kami ingin penghematan luar biasa," pungkas Ahok.

 

 
0 Komentar