Jumat, 11 Maret 2016 19:00 WIB

Pencuri Kabel Mampu Bertahan 24 Jam di Gorong-gorong

Editor : Danang Fajar
Laporan : Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sindikat pencurian isi kabel dapat bertahan di dalam gorong-gorong Jalan Merdeka selatan selama 1x24 jam. Para pelaku beraksi pada malam hari dan keluar pada esok malam hari juga.

"Pelaku dapat bertahan di dalam gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan selama 1 hari full. Jadi mereka masuk gorong-gorong pada malam hari dan keluar esok malam hari juga," ucap Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mujiono di Mapolda Metro Jaya, Jumat (11/3/2016) siang.

Lanjut Mujiono, beberapa pelaku bertugas memotong dan mengupas kulit kabel di dalam gorong-gorong. Dua orang menunggu di atas trotoar untuk membawa hasil pencurian isi kabel berupa tembaga dan timah tersebut dengan menggunakan gerobak.

"Empat pelaku masuk kedalam gorong-gorong untuk memotong dan mengupas kulit kabel, sedangkan dua orang menunggu diatas trotoar. Nanti isi kabel akan diangkut menggunakan gerobak lalu di jual ke penadah di daerah Jakarta," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, gorong-gorong di sepanjang Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dipenuhi sampah kulit kabel yang dicurigai adanya indikasi pencurian dari isi kabel tersebut.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kelompok pencuri isi kabel yang berada di gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Kelompok pelaku berhasil diringkus di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 363 jo Pasal 362 jo 55, 56 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.
0 Komentar