Jumat, 11 Maret 2016 16:02 WIB

Kapolda Tito Minta Pemprov DKI Lakukan Pengawasan Drainase

Editor : Hermawan
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Tito Karnavian, menyarankan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk melalukan pengawasan drainase secara rutin. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi sampah-sampah kabel maupun pencurian isi kabel.

"Kami menyarankan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan sistem pengawasan drainase secara rutin. Jadi petugasnya mengawasi gorong-gorong drainase saluran air sehingga bila terjadi kemampatan cepat untuk diangkat. Kalau ini dilakukan maka pelaku pencurian isi kabel ini otomatis akan tidak melakukan karena pada waktu tertentu akan diawasi oleh petugas yang masuk kesana," ujar Kapolda Tito di Mapolda Metro Jaya, Jumat (11/3/2016) siang.

Kapolda Tito juga meminta DPRD DKI Jakarta membuat peraturan daerah (daerah) perihal pengaturan sistem dibawah tanah atau gorong-gorong.

"Kami minta DPRD DKI membuat Perda atau gubernur membuat Pergub tentang pengaturan jaringan sistem di bawah tanah supaya tidak semrawut karena kalau tidak, di bawah tanah DKI ini akan muncul tambang-tambang, tambang tembaga, tambamg timah, tambang besi dan sebagainya karena kabelnya itu seliweran banyak sekali, termasuk mana kabel yang sudah tidak layak pakai itu bagaimana untuk mengangkutnya. Seharusnya diwajibkan perusahaan untuk mengangkut supaya tidak dimanfaatkan pelaku pencurian isi kabel seperti ini," tegas Kapolda Tito.

Kapolda Tito juga meminta Pemprov DKI Jakarta untuk segera merealisasikan pemasangan CCTV di DKI Jakarta. Menurut Kapolda Tito, Jakarta masih lemah dalam perihal sistem CCTV.

"Dalam rangka meningkatkan digital sekuriti kita, keamanan digital kita. Jakarta masih lemah dalam sistem CCTV oleh karena itu ada program Pak Gubernur Ahok tentang 6 ribu CCTV. Kami  harapkan segera dieksekusi. Jika ini dilakukan di titik-titik tertentu termasuk  Ring Satu istana, kita bisa temukan pelaku ini beroperasi. Bila perlu CCTV-nya ada di bawah tanah di gorong-gorong itu," pungkas Kapolda Tito.

Sebelumnya diketahui, gorong-gorong di sepanjang Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dipenuhi sampah kulit kabel yang dicurigai adanya indikasi pencurian dari isi kabel tersebut.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kelompok pencuri isi kabel yang berada di gorong-gorong Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.  Kelompok pelaku berhasil diringkus di daerah Kemayoran.
0 Komentar