Kamis, 04 Februari 2016 11:44 WIB

Antisipasi Banjir : Dinas Kebersihan Jakarta Sebar 4000 PHL

Editor : Danang Fajar
Laporan : Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Untuk menghadapi musim penghujan, Dinas Kebersihan Jakarta menempatkan 4000 Pekerja Harian Lepas (PHL) yang disebar untuk membersihkan pinggiran maupun sampah-sampah yang berada di tengah kali, sungai, dan waduk seluruh wilayah DKI Jakarta.

Hal ini dilakukan mengingat curah hujan di Jakarta pada bulan Februari ini akan terus meningkat sampai akhir bulan serta mencegah terjadinya banjir.

Menurut Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Aji, Dinas Kebersihan Jakarta sudah mengantisipasi datangnya banjir di Jakarta dari awal Desember 2015 dengan menempatkan 4000 PHL di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Selain itu Dinas Kebersihan Jakarta juga membersihkan kali, sungai dan waduk dengan menggunakan alat berat seperti, excavator, dredging ponton, amphibius, dan spyder.

"Alat berat itu, kita tempatkan 24 jam di pintu-pintu air seperti manggarai, juga di Kalibata, Season City, waduk pluit riario mokervart, apuran hek Jagorawi, saringan Pulogadung, banjir kanal timur, banjir kanal barat. Total alat berat yang kami miliki sebanya 53, dan sudah disebar ke seluruh daerah Jakarta." Ujar Isnawa Aji saat dihubungi Tigapilarnews, Kamis (04/2/16).

Aji juga menjelaskan, pihaknya terus berupaya mengedukasi warga, khususnya yang tinggal dipinggiran sungai agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Mengedukasi warga, salah satunya PHL tersebut berasal dari warga sekitar. Mereka diharapkan dapat berperan ajak warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Saat ini juga sudah banyak komunitas-komunitas semacam peduli sungai gitu seperti Matpeci Peduli Ciliwung, kelompok Kali Pesanggrahan, dan lain-lain." tutupnya.
0 Komentar