Kamis, 12 September 2024 17:28 WIB

Kapolri Pastikan Siap Selidi Dugaan Penyelewengan Dana PON XXI di Aceh dan Sumut

Editor : Yusuf Ibrahim
Salah satu infrastruktur yang tidak siap di PON. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan jajarannya siap untuk melakukan penyelidikan terkait dugaan penyelewengan dana dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut). 

“Saya kira Polri tentunya akan menunggu, kalau memang ada fakta dan bukti bahwa terjadi penyelewengan dana PON kami akan mempersiapkan penyidik-penyidik kami untuk melaksanakan penyelidikan dan penyidikan,” ujar Listyo di Kompleks Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (12/9/2024).

Listyo kembali menegaskan pihak Kepolisian, Kejaksaaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki ruang yang sama untuk menangani dugaan adanya penyelewengan dana dalam penyelenggaraan olahraga terbesar di Indonesia itu. “Demikian juga tentunya seluruh HPH yang ada pun baik di Polri, Kejaksaan, KPK, semua memiliki ruang yang sama untuk menangani. Namun prinsipnya Polri siap untuk menangani,” tegasnya.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri akan turun ke lokasi PON XXI untuk mengusut dugaan penyelewengan penyelenggaraan PON. 

Wadirtipikor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa mengatakan, pihaknya bakal memberikan pendampingan untuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dalam melakukan penyelidikan. “Tim satgas dari Mabes, hari Jumat (13/9) menuju ke lokasi PON XXI, diantaranya untuk memberikan pendampingan Kemenpora dan mendalami hal yang dilaporkan,” kata Arief.

Arief juga mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo terkait dugaan penyelewengan dalam kegiatan pekan olahraga nasional itu.(bar)


0 Komentar