Senin, 19 Agustus 2024 22:44 WIB

Desain Baru Paspor Indonesia Dinilai Perkuat Identitas dan Reputasi

Editor : Yusuf Ibrahim
Desain baru paspor RI. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi desain baru paspor RI. Desain ini dirilis pada 17 Agustus 2024 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Paspor berwarna merah ini disebut mencerminkan keberanian dan budaya Indonesia. Sandiaga menekankan bahwa desain baru ini, yang menampilkan 33 motif kain nusantara. "Saya sih setuju-setuju aja. Karena merah artinya berani, melambangkan negara kita dan kemerdekaan," kata Sandiaga dalam Weekly Brief With Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Menurut Sandiaga, desain baru paspor Indonesia tersebut dapat memperkuat identitas dan reputasi Tanah Air di mata dunia. Dengan reputasi Indonesia yang semakin baik di bidang pariwisata, desain paspor ini diharapkan Sandiaga juga dapat meningkatkan kekuatan indeks paspor Indonesia di kancah internasional.

"Kekuatan paspor diikuti dari reputasi suatu negara. Nah ini kan Indonesia reputasinya dalam 20 tahun terakhir stabilitas ekonomi politik dan keamanan dan destinasi sudah unggulan," jelasnya.

"Ini yang memperkuat sisi Indonesia secara korelatif akan memperkuat indeks paspor kita," tambahnya.

Selain menambah estetika, desain baru paspor Indonesia ini juga banyak akan keunggulan. Di sisi lain, Sandiaga mengungkap posisi Indonesia sebagai negara ekonomi nomor 16 di dunia serta capaian dan prestasi yang diperoleh dapat membantu memperkuat identitas Indonesia.

"Ini akan semakin memperkuat. Sehingga paspor kita indeksnya bisa meningkat. Dengan warna yang baru ada semangat baru," pungkasnya.(fik)


0 Komentar