Rabu, 07 Agustus 2024 19:29 WIB

Sumbang Rp455,44 Triliun, 63 Persen Orang Berwisata Kuliner

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

Jakarta, Tigapilarnews.com- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan, kuliner merupakan salah satu subsektor penyumbang terbesar produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif Indonesia.

Seperti diketahui, menurut data Kemenparekraf RI, subsektor kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif yang sebesar Rp1.134,9 triliun pada 2020. Hal tersebut diungkapkan Angela saat meresmikan pembukaan kegiatan Nusantara Food and Hotel (NFH) Expo di ICE BSD, Tangerang, Rabu (7/8/2024).

“Dan tentunya, kalau kita bicara kuliner, kuliner itu penting sekali dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Angela, yang juga merupakan Ketua Umum DPP Partai Perindo dalam sambutannya.

“Kenapa? Kalau kita bicara di ekonomi kreatif sendiri saja, kuliner itu penyumbang PDB terbesar untuk sektor ekraf,” lanjut Wamenparekraf.

Angela juga mengatakan, kuliner menjadi salah satu alasan orang-orang saat melakukan wisata. Menurutnya, dua sektor tersebut memiliki keterkaitan yang kuat. Bahkan, menurut catatan Kemenparekraf, setidaknya 63 persen orang-orang memilih berwisata kuliner dibandingkan hanya sekadar berwisata.

Karena itu, Angela yang merupakan anggota Kabinet Indonesia Maju menyebut, kuliner memiliki peluang yang cukup besar untuk memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air. “Nah, kalau untuk pariwisata, data internal kami, kemarin juga sempat disampaikan Pak Menteri, kalau kita bicara wisata kuliner itu sebenarnya alasan mengapa orang berwisata, mayoritas orang wisata kuliner,” tutur Angela.

“Data dari kami sekitar 63 persen orang berwisata kuliner. Nah oleh karena itu, kegiatan seperti ini sangat-sangat penting. Karena memang wisata kuliner itu manfaatnya sangat besar, peluangnya sangat besar,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Angela Tanoesoedibjo resmi membuka kegiatan Nusantara Food and Hotel (NFH) Expo yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Rabu (7/8/2024). NFH Expo merupakan pameran besar yang secara perdana menampilkan beragam masakan Indonesia terbaik dan tren terkini dalam industri perhotelan.

Angela turut menggunting pita sebagai tanda bahwa kegiatan tersebut telah resmi dibuka. Ia resmi membuka NFH Expo bersama dengan Direktur PT Debindo Global Expo Rafidi Iqra Muhamad, Ketua Indonesia Pastry Alliance (IPA) Chef Rahmat Kusnedi, Ketua PHRI Banten Ashok Kumar, dan beberapa jajaran terkait lain. Dalam sambutannya, Angela turut mengapresiasi pameran tersebut.

“Selamat untuk Debindo Global Expo atas terlaksananya Nusantara And Food Hotel 2024. Semoga ini tentunya bukan hanya pertama dan terakhir, tapi akan terus dan semakin berkembang ke depannya,” ujar Angela dalam sambutannya.

Pasalnya ia menilai, kegiatan seperti NFH Expo bisa menjadi wadah bagi para stakeholders, khususnya di industri kuliner dan perhotelan untuk bisa saling bekerja sama dalam mengembangkan kedua industri tersebut.(des)


0 Komentar