Rabu, 10 Juli 2024 21:09 WIB

Capaja Diharap Jaga Pertumbuhan Perekonomian Nasional

Editor : Yusuf Ibrahim
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memberikan pembekalan sekaligus pesan kepada Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri.

Sigit menekankan agar capaja dapat menjadi perwira yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparan, dan Berkeadilan), serta dapat diandalkan untuk bangsa dan negara. Tak hanya tugas pengamanan dan penegakan hukum, para capaja juga harus mampu menjaga pertumbuhan perekonomian nasional. 

"Capaja mampu untuk ikut serta menjaga tumbuhnya perekonomian nasional. Selain itu harus mampu menjaga keamanan event berskala internasional yang diselenggarakan di Indonesia," ujar Sigit di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2024).

Capaja juga diingatkan siap dalam menangani berbagai bencana alam agar memberikan rasa aman sekaligus nyaman dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam. Sigit meminta capaja siap mengamankan wilayah batas negara baik di darat, laut, maupun udara. Termasuk penanganan kelompok bersenjata di Papua.

Kapolri juga mengingatkan pentingnya sinergitas TNI-Polri sebagai merupakan kunci menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia. Kemudian, keimanan terhadap Tuhan juga harus dipedomani dan dijalankan dalam melaksanakan tugas untuk mengabdi di masyarakat. "Kembangkan diri sendiri untuk menuju personel yang berprestasi," katanya.

Sigit juga menekankan agar capaja menjadi perwira yang senantiasa siap memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara dengan sepenuh jiwa raga dan penuh tanggung jawab, keikhlasan, serta ketulusan. Jenderal TNI Agus Subiyanto juga berpesan selalu melaksanakan sinergitas dalam tugasnya di masyarakat. Termasuk dalam pengamanan Pilkada agar berjalan aman dan lancar di wilayah seluruh Indonesia.
 

Dia menekankan agar perwira menjunjung TNI Prima (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif). Perwira diminta menjadi agen perubahan, penjaga nilai budi luhur, penerus bangsa, pengontrol sosial, serta perwira berkarakter. "Perwira agar senantiasa berdoa, ikhlas dalam menjalankan tugas dan selalu belajar. Senantiasa berbuat baik kepada sesama dan menghormati orang tua," kata Agus.(des)


0 Komentar