Senin, 08 Juli 2024 20:26 WIB

Hujan saat Kemarau Potensi Berlanjut di Agustus Hingga September

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigaplarnews.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan yang terjadi di musim kemarau atau kemarau basah akibat fenomena La Nina berpotensi berlanjut di bulan Agustus hingga September 2024. Diketahui, saat ini sebagian wilayah Indonesia telah masuk musim kemarau namun hujan masih juga mengguyur.

"Bisa juga nanti diprediksi di sekitar bulan Agustus-September ya, kan diprediksi akan terjadi La Nina yang dipengaruhi oleh suhu muka air laut yang ada di Samudra Pasifik. Jadi kemaraunya akan mengalami peningkatan curah hujan,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, saat Konferensi Pers: Hujan Lebat di Musim Kemarau, Senin (8/7/2024).

Dwikorita menjelaskan, fenomena La Nina mengakibatkan suhu muka laut di Samudra Pasifik naik sehingga berdampak meningkatkan curah hujan seperti di tahun 2020, 2021, dan 2022.

"Misalnya La Nina, La Nina itu fenomena yang dipengaruhi oleh adanya suhu muka laut ya, mengakibatkan suhu muka laut yang ada di Samudra Pasifik ya, di Samudra Pasifik yang mengakibatkan atau berdampak pada wilayah Indonesia dengan meningkatnya curah hujan seperti yang terjadi di tahun 2020, 2021, dan 2022," ucap Dwikorita.

Dwikorita mengatakan, fenomena La Nina ini berdampak pada terjadinya anomali iklim. Dimana, seharusnya terjadi musim kemarau namun ada pengaruh dari Samudra Pasifik sehingga terjadi kemarau basah.

"Terjadi anomali iklim yang harusnya musim kemarau yang berpengaruh monsoon dari Australia namun ada pengaruh dari Samudra Pasifik sehingga musim kemarau di tahun 2020 hingga 2022 adalah kemarau basah karena ada peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia akibat fenomena La Nina, anomali iklim yang dikontrol oleh Samudra Pasifik. Sehingga musim kemaraunya saat itu adalah kemarau basah. Bahkan sering terjadi cuaca ekstrem berkali-kali di sepanjang musim kemarau," tuturnya.

Selain itu, Dwikorita mengatakan bahwa adanya fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) di Samudra Hindia juga berpengaruh terhadap peningkatan curah hujan di Indonesia. "Demikian juga Samudra Hindia juga bisa mengakibatkan apa IOD juga suhu muka air laut yang ada di Samudra Hindia, bisa berdampak mengakibatkan wilayah Indonesia menjadi lebih kering dari rata-rata klimatologinya, sehingga curah hujannya menjadi meningkat sama, bisa," jelasnya.

"Dan La Nina, El Nino ini kejadiannya ataupun IOD di itu kejadiannya dalam beberapa bulan sehingga kadang-kadang mengganggu musim yang terjadi saat itu. Selain El Nino, La Nina, IOD, juga ada faktor yang berpengaruh terhadap iklim di wilayah Indonesia cuaca dan iklim di wilayah Indonesia, tapi skala waktunya lebih pendek tidak dalam skala waktu bulanan yaitu fenomena MJO, Madden Julian Oscillation fenomena yang dipengaruhi oleh peningkatan awan-awan hujan," ungkapnya.(des)


0 Komentar