Rabu, 06 Maret 2024 18:15 WIB

Menpora Dito Gelontorkan Rp36 Miliar untuk NPC Persiapan Kualifikasi Paralimpiade Paris

Editor : Yusuf Ibrahim
Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo (kedua dari kiri/foto Tigapilarnews.com)

JAKARTA, TIGAPILARNEWS.COM- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelontorkan dana sebesar Rp36 miliar untuk National Paralympic Committe Indonesia (NPC) dalam rangka mendukung persiapan kualifikasi Paralimpiade Paris, Prancis 2024.

Total Rp36 miliar ini diperuntukkan bagi 10 cabang olahraga di antaranya para-angkat berat (Rp2,8 miliar), para-atletik (Rp7,5 miliar), para-bulu tangkis (Rp2,4 miliar), para-renang (Rp2,7 miliar), para-tenis meja (Rp6,03 miliar), para-boccia (Rp1,6 miliar), para-cycling (Rp4 miliar), para-menembak (Rp1,3 miliar), para-panahan (Rp4,4 miliar), dan para-judo (Rp3 miliar) termasuk di dalamnya sebanyak 51 atlet beserta 10 pelatih, 10 manajer, dan 18 tenaga pendukung.

Sebanyak 10 cabang olahraga itu kini telah menjalani pelatnas yang sudah dimulai sejak 1 Januari dengan masa berakhir bervariasi dimana paling terakhir pada 31 Agustus mendatang.

"Kami hari ini sangat senang dan mengapresiasi acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan National Paralympic Committe Indonesia dalam rangka pemberian bantuan pemerintah untuk pelatnas persiapan kualifikasi Paralimpiade Paris 2024," kata Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama dengan NPC di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (6/3).


Dito mengatakan pemberian bantuan ini adalah salah satu bukti nyata komitmen pemerintah untuk memajukan olahraga di Tanah Air. Dengan bantuan ini, ia berharap prestasi atlet di Paralimpiade Paris pada 28 Agustus sampai 8 September mendatang juga meniningkat dari edisi sebelumnya di Tokyo, Jepang yang mendapatkan dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

"Ini merupakan salah satu bukti nyata komitmen kami untuk meningkatkan prestasi olahraga di Tanah Air. Dengan adanya kerja samanya ini saya yakin akan membuka peluang lebih besar bagi atlet Indonesia untuk meraih prestasi gemilang di ajang internasional khususnya di ajang Paralimpiade Paris," katanya.

Saat ini, NPC telah meloloskan 12 atlet yang akan tampil di Paralimpiade Paris dengan rincian empat atlet dari panahan, dua atlet dari atletik, satu atlet dari balap sepeda, dua atlet dari menembak, dan tiga atlet dari renang.

"Treatment kami dari Kemenpora, baik untuk olympic maupun paralympic itu sama, pasti ada satu khususnya juga dari Kemenpora, dari sisi fasilitas juga sama," kata pria 33 tahun itu.

"Saya sangat optimistis makannya tadi saya sampaikan insyaallah kontingen Indonesia bisa mengukir prestasi yang lebih baik di Paralimpiade Paris," tutupnya.(mir)


0 Komentar