Jumat, 23 Februari 2024 07:36 WIB

Koalisi Perubahan: Dari pada ke MK Ada Pamannya, Lebih Baik Kita ke Angket DPR

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi MK. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Koalisi Perubahan telah sepakat mendukung hak angket DPR untuk mengusut kejanggalan dalam proses Pemilu 2024. Langkah itu, dinilai lebih baik daripada mengajukan gugatan sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ini menarik, angket ini bagus. Dari pada kita ke MK ada pamannya. Lebih baik kita ke angket, cantik. Iya kan," kata perwakilan Koalisi Perubahan yang juga Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi sata jumpa pers di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024). 

Atas dasar itu, anggota Komisi III DPR RI mendukung wacana pengajuan hak angket untuk menelisik dugaan kecurangan Pemilu 2024. Ia pun siap untuk mengawal proses hak angket di DPR. "Kami sangat mendukung, sangat senang kalau ada yang melangkah begitu, kami ada di belakangnya, kami siap. Kita akan mengawal, cek sampai ke detail-detailnya," terang Aboe.

Sebelumnya, Koalisi Perubahan mendukung wacana capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang menggulirkan wacana penggunaan hak angket DPR untuk menyelidiki kejanggalan dalam proses Pemilu 2024. Sikap itu diputuskam setelah para sekretaris jenderal (sekjen) Koalisi Perubahan melangsungkan pertemuan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (12/2/2024).

Adapun ketiga elit petinggi parpol yang bertemu itu ialah Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid dan Sekjen PKS Aboe Bakal Alhabsyi. Setelah pertemuan, Hermawi berkata, pihaknya memiliki kesamaan semangat dengan Anies Baswedan yang mendukung sikap Ganjar agar DPR menggunakan hak angket.

"Kita juga berbicara tentang kemungkinan penggunaan hak angket yang diinisiasi oleh Pak Ganjar Pranowo. Semangat kami sebagai satu kesatuan yang utuh, tiga partai yang solid berkoalisi, semangat kami seperti semangat yang disampaikan Pak Anies. Kita siap bersama inisiator PDIP untuk menggulirkan angket," terang Hermawi saat jumpa pers di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024).(des)


0 Komentar