Kamis, 22 Februari 2024 12:54 WIB

Erick Thohir Pastikan Makassar New Port Mampu Serap Investasi Rp5,4 Triliun

Editor : Yusuf Ibrahim
Makassar New Port. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerangkan, pembangunan Makassar New Port (MNP) Tahap 1A, 1B dan 1C mampu menyerap investasi senilai Rp5,4 triliun.

Bahkan, masih berlanjut dengan pengadaan peralatan bongkar muat. Lalu penambahan fasilitas dan pengembangan MNP Tahap 1D akan dilakukan secara bertahap, sesuai kebutuhan dan pasar dengan anggaran investasi sebesar Rp10 triliun.

Erick Thohir mencatat Makassar New Port menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia Timur, setelah dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Saat ini, Dermaga MNP Tahap 1A, 1B dan 1C memiliki panjang total 1.280 meter dan baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (22/2/2024). 

Target MNP juga telah dilengkapi dengan Integrated Planning dan Control Room, sebuah langkah inovatif untuk memantau dan mengontrol layanan kapal, terminal, peti kemas, dan logistik secara terpusat. Transformasi ini bertujuan meningkatkan efisiensi layanan dan mendukung daya saing logistik nasional.

Di mana Integrated Planning and Control Room menjadi evolusi dari Planning and Control Room (PnC) sebelumnya yang telah berhasil diterapkan di Semarang. Perbedaan tersebut terletak pada cakupan pengawasannya yang tidak hanya terbatas di Makassar, namun juga mencakup wilayah lain seperti Kendari, Balikpapan, hingga Maluku dan Papua.

Sejak dermaga tahap 1A diresmikan pengoperasiannya pada sekitar awal November 2018 lalu, kehadiran MNP telah mampu mengurai waiting time atau waktu tunggu kapal di pelabuhan untuk bongkar muat barang yang telah lama beroperasi di wilayah Makassar, yakni Terminal Petikemas Makassar (TPM) atau yang sekarang disebut dengan MNP.

Dengan pelayanan 24/7 atau 24 jam selama 7 hari, kehadiran MNP yang nantinya akan terintegrasi dengan sebuah kawasan industri berskala besar dan juga rel kereta api dan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Sulawesi diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia secara luas.

Erick mengatakan, sesuai arahan Presiden 3 tahun yang lalu, bahwa kekuatan pelabuhan BUMN harus disatukan untuk menjadi pemain global, meningkatkan efisiensi, dan mendorong penurunan biaya logistik nasional.(des)


0 Komentar