Selasa, 24 Oktober 2023 17:09 WIB

Jokowi Bakal Ganti KSAD Dudung dengan Agus

Editor : Yusuf Ibrahim
Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan mengganti Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang saat ini dijabat oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Wakil KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto santer disebut sebagai pengganti Dudung. Pa Sahli Tk II KSAD Bid LH Brigjen TNI Hamim Tohari meminta kepada semua pihak menunggu kepastian dari Istana. "Kita tunggu saja kepastian dari Istana," ujar Hamim kepada MPI, Selasa (24/10/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima MPI, pelantikan KASAD akan dilakukan oleh Presiden Jokowi pada Rabu (25/10/2023) besok. Serah terima jabatan (Sertijab) akan berlangsung sehari setelahnya di Aula Jenderal Besar A H Nasution, Mabessad, Jakarta Pusat.

Informasi itu tertuang berdasarkan nota dinas aspers KASAD nomor B/ND-1225/X/2023/Spersad tertanggal 2023 yang didapat MNC Portal Indonesia. Hamim juga membenarkan adanya rapat mengenai hal tersebut. "Betul, ada rapat," ujar Hamim kepada MPI, Selasa (24/10/2023).

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengaku telah mendapat kabar terkait pelantikan KSAD baru oleh Presiden Jokowi, Rabu (25/1/2023) besok. Pelantikan KSAD baru ini karena Jenderal Dudung Abdurachman akan purna tugas pada November 2023. "Ya, mendapat kabar demikian untuk pelantikan," kata Meutya saat dihubungi, Selasa (23/10/2023).

Meutya menilai calon kuat pengganti Dudung adalah Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto. Namun ia meminta agar kepastian pengganti Dudung menunggu saat pelantikan di Istana Merdeka Jakarta. "Namun KSAD pengganti tunggu besok kepastiannya. Ya, Agus calon kuat," terang Meutya.(des)


0 Komentar