Senin, 25 September 2023 16:31 WIB

Radiografi Digital X-Ray DDR Madeena Trade Mark Karya Anak Bangsa Indonesia.

Editor : A. Amir
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (FK Undiksha) Prof. Dr. Ahmad Djoyosugito dalam bincang-bincangnya dengan tim redaksi tigapilarnews.com

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Indonesia saat ini sangat membutuhkan produk-produk inovasi karya anak bangsa dikarenakan Indonesia dengan populasi penduduknya yang begitu besar, diharapkan tidak bergantung lagi pada teknologi luar negeri termasuk di bidang kesehatan.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (FK Undiksha) Prof. Dr. Ahmad Djoyosugitoyang berlokasi di utara Bali, menyampaikan ke tim redaksi tigapilarnews.com yang diwakilkan langsung oleh pimpinan perusahaan, Eko Indra Wahyudi. "Jiwa inovasi mahasiswa harus dibangun sebagai bagian dari kurikulum pendidikannya. Salah satu tujuan strategis Fakultas Kedokteran adalah memodernkan apa yang sudah kita punya”, ucap Prof Ahmad.

Berkaitan dengan alat kesehatan yang membutuhkan kemajuan teknologi, Prof Ahmad mengatakan: "Salah satu bidang fokus FK Undiksha adalah Pengobatan Tradisional Bali (Balinese Traditional Medicine) yang akan kita moderenkan. Salah satunya dengan mengadopsi teknologi kedokteran yang mungkin FK Undiksha sangat mendukung penggunaan teknologi radiografi sinar-x digital produk dalam negeri."

Selanjutnya, "Kombinasi teknik pengobatan (terapi) tradisional Bali dan pemeriksaan menggunakan teknologi medical imaging seperti alat radiologi Madeena produk dalam negeri akan menyebabkan biaya terapi kesehatan yang ditanggung pasien akan lebih murah, tapi tetap akurat", ujar Prof Ahmad.

Pada kesempatan lain, Dekan FK Undiksha juga menyampaikan inovasi di bidang pengobatan tradisional Bali dapat bersinergi dengan teknik skrining dan diagnostik radiografi yang memberikan informasi visual sebelum dan setelah pengobatan tradisional dilakukan.

“Secara khusus, saya sudah minta Prof Gede Bayu Suparta untuk mengembangkan diagnostik pada tumor kanker payudara karena kanker payudara itu menyumbang kematian tertinggi” demikian ditegaskannya. Fakultas kedokteran Undiksha akan membuka kerjasama dengan peneliti-peneliti yang smart, inovatif dan professional untuk mengembangkan teknologi penunjang modernisasi kedokteran di Indonesia", kata Prof Ahmad.

Radiografi Digital X-Ray DDR Madeena 

Menurut Prof Ahmad: "Alat radiologi hasil inovasi Prof. Bayu akan sangat bermanfaat untuk mendukung skrining dan diagnosa penyakit seperti kanker, tumor,dan stroke. Kanker dan tumor dapat mengenai otak, paru-paru, payudara dan serviks. Kami ingin menggunakan alat radiologi untuk mendeteksi secara dini penyakit-penyakit tersebut dan mengkombinasikan dengan teknik pengobatan tradisional Bali".

"Kami mendukung dan bersedia bekerjasama dalam pemanfaatan alat-alat kesehatan hasil inovasi para peneliti di berbagai universitas di Indonesia. Dengan Bali yang terkenal sebagai tujuan pariwisata, kami akan dengan mudah berkoordinasi dengan masyarakat internasional untuk memodernisasi yang sudah kita miliki," mengakhiri.

 


0 Komentar